Begini Cara Sukses Bujuk Lansia Agar Mau Makan

Begini Cara Sukses Bujuk Lansia Agar Mau Makan ilustrasi

Covesia.com - Berbagai alasan kenapa orang lanjut usia (lansia) jadi lebih susah makan. Bisa jadi karena punya penyakit tertentu, sedang menjalani pengobatan, atau karena proses alamiah tubuh yang mulai menua. 

Apa pun alasannya, lansia tetap harus makan dan memenuhi kebutuhan nutrisinya sehari-hari. Lalu, bagaimana caranya menyiasati agar lansia mau makan lebih lahap? Tenang saja, anda bisa mencoba berbagai cara di bawah ini, dilansir covesia dari laman hellosehat:

Tips supaya lansia mau makan lahap:

1. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan

Makan sendirian bisa membuat lansia malas makan atau jadi menunda-nunda makan karena mau menunggu anggota keluarga yang lain makan juga. Karena itu, sebisa mungkin temani orangtua atau kakek-nenek anda saat mereka makan.

Sambil makan, ajak lansia mengobrol soal hal-hal yang disukainya. Jangan makan sambil membicarakan hal-hal yang sifatnya negatif atau terlalu serius. Hal itu bisa membuat lansia menganggap waktu makan adalah saat-saat yang tidak menyenangkan dan harus dihindari.

Kalau memang ada hal penting yang harus dibicarakan, tunggu sampai orang terkasih anda selesai makan dan beranjak dari ruang makan.

2. Perhatikan kebiasaan makan orang tercinta anda

Anda harus menghafalkan kebiasaan makan lansia. Misalnya lansia cepat bosan dengan menu yang itu-itu saja. Usahakan untuk menghadirkan menu makanan yang beragam dan bervariasi setiap harinya. Anda bahkan bisa mencoba untuk merancang menu makan bulanan dengan orang terkasih anda. Dengan begitu, ia bisa merasa lebih terlibat dan punya kendali atas makanannya.

Sementara kalau lansia adalah tipe orang yang pilih-pilih makanan, hidangkan makanan yang memang ia sukai dan sudah tahu rasanya. Jangan terlalu sering menyajikan makanan baru yang belum pernah ia coba. Saat ini, kebutuhan gizinya lebih penting daripada risiko lansia tidak mau makan karena takut mencoba menu baru.

3. Bantu lansia untuk makan

Mungkin orang terkasih anda sebenarnya merasa lapar dan mau makan, tetapi kesulitan melakukannya. Karena itu, temani lansia setiap makan dan perhatikan apa saja kebutuhannya.

Anda sendiri harus peka terhadap kebutuhannya, jangan sampai lansia harus berkali-kali memberi tahu anda apa yang ia butuhkan. Ini karena lama-lama ia akan takut merepotkan anda atau merasa bahwa anda sebenarnya tidak ingin membantunya.

Misalnya, lansia kesulitan untuk memotong makanan seperti daging. Sebaiknya bantu potong makanannya jadi lebih kecil. Kalau lansia kesulitan mengangkat gelas minum, sediakan sedotan dan bantu orang terkasih anda untuk minum.

4. Penuhi kebutuhan gizinya

Lansia tidak harus langsung makan banyak sekaligus. Boleh makan sedikit-sedikit, tapi kuncinya adalah pastikan makanannya padat gizi. Setiap makan, lansia harus mendapatkan asupan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serat, dan lemak.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi untuk menentukan jenis makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi lansia serta minta panduan untuk memenuhi kebutuhan gizi lansia.   

5. Jaga kesehatan gigi dan mulut

Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu hal yang perlu mendapat perhatian. Kesulitan mengunyah dan tidak mau makan bisa karena rasa tidak nyaman di mulut, mulut kering, sariawan, gigi goyang, dan kebersihan yang buruk (termasuk perawatan gigi palsu yang kurang baik) bisa memengaruhi kenyamanan makan.

Selain itu, gigi ompong pada lansia juga memengaruhi pemilihan makanan. Karena itu, sebaiknya temani lansia untuk periksa ke dokter gigi kalau ada keluhan tertentu dan untuk kontrol rutin.

6. Perhatikan obat-obatan yang dikonsumsi lansia

Penggunaan obat-obatan untuk kondisi tertentu bisa menyebabkan menurunnya kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi tertentu, gangguan pencernaan, dan penurunan nafsu makan.

Karena itu, catat semua jenis obat yang digunakan oleh orang terkasih anda dan beri tahu dokter kalau ada perubahan pola makan pada lansia. Misalnya kalau lansia jadi tidak mau makan.

Sebelum mengonsumsi jenis obat baru, anda juga sebaiknya tanya dulu ke dokter dan apoteker apakah akan menimbulkan efek samping yaitu kehilangan nafsu makan.

7. Bujuk lansia agar mau makan dengan penuh kesabaran

Coba ingat-ingat waktu anda masih kecil dulu. Semakin dipaksa dan dimarah-marahi agar makan, anda semakin tidak nafsu makan, bukan? Begitu juga dengan lansia.

Karena itu, saat membujuk lansia agar mau makan, anda harus banyak bersabar dan selalu gunakan nada bicara yang positif, enteng, dan ceria. Jangan malah diancam seperti, “Kalau ayah tidak makan sekarang juga, nanti aku tidak akan siapkan makanan apa pun buat ayah.”

(sea)