Virus Ebola

Dicurigai Ebola, Warga Madiun Dirawat Intensif

| Sabtu, 01-11-2014 | 15:33 WIB

Madiun - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedono Kota Madiun, Jawa Timur saat ini sedang merawat seorang pasien yang dicurigai terjangkit virus Ebola.

Kepala Pelayanan Medik RSUD dr Soedono Madiun, dr Sjaiful Anwar SpJP, Sabtu (1/11/2014) mengatakan pasien tersebut adalah Muk (29), warga Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun. Saat ini pasien dirawat intensif di ruang isolasi Wijaya Kusuma B rumah sakit setempat.

"Saat ini statusnya masih suspect ebola, tapi positif Malaria. Pasien mengalami demam hingga 38 derajat Celcius," ujar dr Sjaiful Anwar kepada wartawan.

Menurut dia, penetapan suspect Ebola tersebut karena pasien pernah berada di daerah endemis, dimana ia pernah menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Liberia (Afrika).

Muk bekerja di Liberia sejak delapan bulan lalu. Sebelum dipulangkan ke Indonesia, pasien tersebut mengalami demam dan sempat dikarantina selama sepekan.

Sepulang ke Indonesia, Muk juga sempat dikarantina di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, namun hanya sehari dan akhirnya pulang ke Madiun.

Setelah lima hari berada di kampung halamannya, Muk kembali demam hingga akhirnya dirujuk ke RSUD dr Soedono.

Sjaiful menjelaskan karena dicurigai terkena virus Ebola, maka perawatannya mengacu standar WHO, di antaranya perawat wajib mengenakan penutup kepala, kacamata pelindung, masker jenis N95, serta baju rangkap tiga.

"Penerapan SOP tersebut agar pasien tidak menularkan virus ke orang lain, terutama tenaga medis yang menanganinya," terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan RSUD dr Soetomo, Surabaya, untuk melakukan pemantauan kondisi pasien. Bisa saja, pasien akan dirujuk ke Surabaya jika kondisinya tidak membaik.

"Saat ini masih terus dipantau. Pasien terus diawasi di ruang isolasi," katanya. (ant/rud)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Pascainsiden Bom, Ariana Grande Akan Kembali Gelar Konser di Manchester

Pascainsiden Bom, Ariana Grande Akan Kembali Gelar Konser di Manchester

Covesia.com - Bintang musik pop Amerika Serikat Ariana Grande menyatakan akan menggelar konser amal bagi para korban bom bunuh diri di Manchester...

Ikuti Akun LinkedIn Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring