Pasca Stimulus Jepang, Bursa Saham Dunia Terus Menguat

| Sabtu, 01-11-2014 | 11:57 WIB

New York - Bursa saham global melonjak dan pasar AS menguat ke rekor baru pada Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah bank sentral Jepang (BoJ) mengejutkan investor dengan kenaikan tajam operasi-operasi stimulusnya.

Pergeseran kebijakan, yang ditujukan untuk melawan perlambatan ekonomi Jepang, mengiriman dorongan yang sangat dibutuhkan untuk ekuitas mulai dari Asia hingga Amerika setelah sepekan melambat ditandai dengan pengumuman berakhirnya program pelonggaran kuantitatif besar oleh Federal Reserve AS.

"Ketika baru saja The Fed menghilangkan bokor besarnya, BoJ telah muncul dengan sekerat sake," kata dealer Capital Spreads Jonathan Sudaria, tentang perbedaan kebijakan moneter antara kedua bank sentral.

Di Jepang, indeks Nikkei pada Jumat bertambahkan 4,8 persen ke tingkat tertinggi sejak November 2007.

Di Eropa, indeks acuan FTSE 100 London ditutup naik 1,3 persen, indeks CAC 40 di Prancis melonjak 2,2 persen, dan indeks DAX 30 di Frankfurt naik 2,3 persen.

Keuntungan besar oleh Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 mengangkat rekor sebelumnya.

Dow melompat 1,1 persen ke tingkat tertinggi baru 17.390,52, melebihi rekor sebelumnya lebih dari 100 poin. Indeks S&P 500 naik 1,2 persen menjadi 2.018,05, hampir tujuh poin di atas puncak sebelum, sementara indeks teknologi komposit Nasdaq naik 1,4 persen ke penutupan tertinggi sejak Maret 2000.

Amuk pembelian juga menyebar ke Amerika Latin, dengan indeks Ibovespa Brazil melompat 4,4 persen dan pasar Meksiko menguat 1,0 persen.

Pemicu reli global pengumuman adalah BoJ yang akan menambah hingga 20 triliun yen (182 miliar dolar AS) untuk skema pembelian aset saat ini, membawanya menjadi 80 triliun yen per tahun.

"Ekonomi Jepang sekaranbg pada saat yang kritis dalam proses keluar dari deflasi," kata Gubernur BoJ Haruhiko Kuroda. Bank "tidak akan ragu" untuk menarik pelatuk pada pelonggaran jika diperlukan, tambahnya.

Saham-saham AS sudah bergerak lebih tinggi sejak pertengahan Oktober dibantu oleh laporan laba kuartal ketiga yang baik, dan lebih banyak dari mereka, terutama dari perusahaan minyak dan teknologi, mendukung reli Wall Street pada Jumat.

Para analis sekarang memperkirakan S&P 500 untuk melaporkan kenaikan keuntungan 7,43 persen untuk kuartal ini, naik 5,52 persen dari keuntungan yang diproyeksikan dua minggu yang lalu, menurut S&P Capital IQnext

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Selain Sebut Pernah Diperkosa, Lady Gaga Juga Ungkap Pernah Alami Gangguan Mental

Selain Sebut Pernah Diperkosa, Lady Gaga Juga Ungkap Pernah Alami Gangguan Mental

Covesia.com - Penyanyi pop Lady Gaga mengungkapkan perjuangannya melawan gangguan kecemasan pascatrauma (post-traumatic stress disorder/PTSD),...

Ikuti Akun Facebook Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring