Cegah Kanker Kandung Kemih dengan Sayuran dan Buah

| Jumat, 31-10-2014 | 20:49 WIB
Cegah Kanker Kandung Kemih dengan Sayuran dan Buah
PENJUAL BUAH - Penjual buah sabar menunggu pembeli kendati lokasinya kena banjir di Kota Padang, Jumat (31/10/2014). Mengkonsumsi buah dapat mencegah penyakit kanker. (muhammad fitrah/covesia.com)

Washington - Peneliti Amerika Serikat memaparkan hasil penelitian mereka bahwa dengan mengkonsumsi sayur dan buah, dapat mengurangi resiko perkembangan kaknker ganas kandung kemih pada perempuan.

Para peneliti dari University of Hawaii menulis di Journal of Nutrition menganalisis data yang dikumpulkan dari 185.885 orang dewasa yang berusia lanjut selama 12,5 tahun. Secara keseluruhan, 152 perempuan dan 429 lelaki didiagnosis menderita kanker ganas kandung kemih.

Setelah menyesuaikan variabel yang berkaitan dengan risiko kanker, seperti usia, para peneliti tersebut mendapati perempuan yang mengkonsumsi banyak buah dan sayuran memiliki resiko lebih rendah untuk menderita kanker kandung kemih.

Para peneliti itu mengatakan perempuan mengkonsumsi banyak sayuran bewarna kuning-oranye memiliki kemungkinan 52 persen lebih rendah untuk terserang kanker kandung kemih dibandingkan dengan perempuan yang mengkonsumsi paling sedikit sayuran.

Studi tersebut juga menyatakan bahwa perempuan dengan paling banyak asupan vitamin A, C dan E memiliki resiko paling rendah untuk terserang kanker kandung kemih, demikian laporan Xinhua yang dirilis antaranews.com dan dikutip covesia.com.

Namun tak ada kaitan antara konsumsi buah-sayuran dan kanker ganas kandung kemih pada pria, katanya."Studi kami mendukung saran mengkonsumsi buah dan sayuran bagi pencegahan kanker," kata peneliti Song-Yi Park di University of Hawaii Cancer Center di dalam satu pernyataan. (ant/gyi)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Selesai dari Tugas Militer, Choi Si-won Akan Kunjungi Vietnam untuk Kampanye UNICEF

Selesai dari Tugas Militer, Choi Si-won Akan Kunjungi Vietnam untuk Kampanye UNICEF

Covesia.com - Resmi menyelesaikan tugas militernya, Choi Si-won anggota dari boyband Korea Selatan Super Junior akan mengunjungi Vietnam pekan depan...

Ikuti Akun LinkedIn Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring