Pengobatan Kanker Payudara Tergantung Jenis dan Stadium Penyakitnya

| Jumat, 31-10-2014 | 20:45 WIB

Padang - Benjolan di payudara seringkali diabaikan, karena tidak menimbulkan rasa sakit. Namun waspadalah, benjolan tersebut bisa jadi gejala fisik dari adanyapenyakit kanker payudara.

Menurut Dokter Spesialis Bedah, Konsultasi Onkologi (bedah Tumor) RS M.Djamil Padang, dr. Daan Khambri, SpB (K)Onk, M.Kes menjawab covesia.com Jumat (31/10/2014), bila menderita adanya benjolan pada payudara sebesar apapun dan memiliki faktor resiko kanker, maka lebih baik bersikap lebih waspada dan segera periksa ke dokter, supaya cepat ditangani.

"Jangan menunggu adanya rasa sakit baru berobat, karena rasa sakit bukan gejala utama kanker bahkan kanker payudara sering tidak ada rasa sakit,"tuturnya.

Pengobatan tumor dan kanker payudara tergantung pada jenis dan stadium penyakitnya saat ditangani. Bila tumor jinak, maka hanya benjolan saja yang diangkat dan payudaranya tetap utuh dan tidak ada pengobatan lanjutan sesudahnya.

Rasa sakit pada kanker payudara terjadi pada stadium lanjut terutama stadium tiga dan empat, dimana kanker sudah demikian besar atau sudah menyerang kulit payudara sehingga kulit payudara menjadi tegang atau timbul borok dan perdarahan yang dapat diserta rasa sakit.

Bila tumor ganas atau kanker, pengobatannya dapat berupa operasi pengangkatan kanker dan payudaranya serta kelenjar ketiaknya sekaligus, kemudian diikuti kemoterapi, radioterapi atau terapi hormon. Seringkali berupa terapi kombinasi diantara pengobatan tersebut, tergantung stadium beberapa saat awal diobati.

Untuk stadium tiga, pengobatannya berupa kemoterapi atau radioterapi dulu, kemudian operasi lalu dilanjutkan kemoterapi atau terapihormon. "Ingat dalam pengobatan kanker yang terpenting adalah deteksi dini dan pengobatan kanker yang pertama haruslah yang terbaik. Penanganan lebih cepat akan lebih baik hasilnya,"katanya menjawab covesia.com. (gyi)

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Covesia.com - Vocalis Rolling Stones, Mick Jagger, kembali jadi ayah untuk kedelapan kalinya, Kamis waktu setempat, ketika pacarnya penari balet...

Ikuti Akun LinkedIn Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring