Ini Akibatnya Jika Anak Kurang Tidur

| Sabtu, 01-11-2014 | 09:29 WIB

Ohio - Para ahli dari The Ohio State University Wexner Medical Center mengungkapkan, kekurangan waktu tidur bisa menimbulkan dampak buruk bagi semua usia termasuk anak-anak.

Mereka pun menyebutkan harga yang harus dibayar oleh semua usia jika kekurangan waktu tidur.

"Untuk anak-anak, kurang tidur dapat menyebabkan masalah perilaku, kesulitan fokus dan belajar di sekolah dan ini dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh mereka, " ujar Dr. Aneesa Das dari Wexner Medical Center Ohio State yang dilansir Covesia.com, Sabtu (01/11/2014).

Menurut dia, kelelahan parah (kronis) bisa membuat anak-anak sulit memproses apa yang terjadi di sekitar mereka. Dr. Das melanjutkan, ketika anak-anak memasuki masa remaja, kurang tidur menjadi masalah yang lebih besar.

Padahal, kata dia, dalam tubuh para remaja terdapat ritme sirkadian atau jam biologis tubuh yang memberitahu mereka kapan harus tetap terjaga dan tidur. Ritme sirkadian ini tak terlalu menonjol pada anak-anak dan dewasa.

Namun, Dr. Das mengungkapkan, di Amerika sendiri hanya hanya 15 persen remaja mendapatkan waktu tidur yang mereka butuhkan.

"Tidur adalah waktu yang digunakan tubuh untuk memulihkan diri. Otot dan jaringan lain memperbaiki diri, lalu hormon yang mengontrol pertumbuhan, perkembangan dan nafsu makan dilepaskan. Energi dipulihkan dan memori dipadatkan, jadi kita perlu mencoba untuk mendapatkan tidur yang teratur secara rutin, " kata Dr. Das (ant/lif)

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Innalillahi, Oon Project Pop Tutup Usia

Innalillahi, Oon Project Pop Tutup Usia

Covesia.com - Mochamad Fachroni, personel grup Project Pop yang dikenal dengan nama Oon, meninggal dunia pada Jumat, setelah lama menderita...

Ikuti Akun LinkedIn Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring