PPIP Intensifkan Komunikasi Dengan Mitra Pengembang PLTMH

| Jumat, 31-10-2014 | 20:37 WIB

Medan - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) menggali potensi listrik di Sumatera Utara antara lain melalui komunikasi bersama mitra pengembang pembangkit listrik tenaga mini hidro (PLTMH), serta PT PLN (Persero) selaku pembeli.

"Kami ingin memperkenalkan PIP sebagai agen pemerintah dalam pembiayaan energi terbarukan, terutama PLTMH," kata Kepala PIP Sori Taon Siregar, saat membuka lokakarya pembiayaan PLTMH untuk menggali potensi Listrik Sumatera Utara di Medan, Jumat (31/10/2014).

Di samping itu, kata dia, pihaknya juga ingin menjalin kerjasama awal dengan calon mitra melalui promosi dan upaya inisasi untuk kemudian dapat berlanjut pada permohonan pembiayaan calon mitra dimaksud kepada PIP.

Ia menjelaskan, PIP merupakan lembaga yang dibentuk dengan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1005/KMK.05/2006 tanggal 20 Desember 2006 tentang Penetapan Badan

Investasi Pemerintah sebagai instansi yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum.
Ruang lingkup PIP, meliputi investasi jangka panjang berupa pembelian surat berharga, saham dan pembelian surat utang, serta investasi langsung meliputi penyertaan modal dan pemberian pinjaman.

Dalam menjalankan fungsinya, PIP berperan sebagai katalis pada percepatan pembangunan infrastruktur yang dapat bersinergi dengan lembaga keuangan dalam maupun luar negeri.

"PIP siap mendukung secara penuh alternatif pengembangan PLTMH dalam rangka berjalannya skema pembiayaan di bidang pembangunan ramah lingkungan," kata Sori Taon.

Untuk itu, lanjutnya, PIP menggelar lokakarya pembiayaan PLTMH di Medan pada Jumat (31/10) yang dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, PT.PLN

(Persero), pengembang proyek PLTMH termasuk Asosiasi pemegang PLTA di Sumatera Utara serta sejumlah akademisi.
Pihaknya mengharapkan masukan dari para akademisi yang diundang sesuai bidangnya masing-masing serta pemerintah daerah pemilik lokasi dan para pengembang PLTMH.

Kepala divisi energy baru/terbarukan PT PLN Mochamad Sofyan hadir sebagai pembicara dengan mengangkat topik "Pperan PLN dalam Pengembangan Proyek PLTMH'.

Selain itu, Kepala divisi portofolio investasi PIP, Dian Lestari menyampaikan makalah yang membahas tentang 'fasilitas pembiayaan proyek PLTMH'.

Peserta workshop terdiri dari 16 perusahaan pengembang yang telah diseleksi berdasarkan rekomendasi PLN dan Ketua Asosiasi PLTA Sumatera Utara. Sedangkan dari Pemerintah daerah diundang sembilan Bupati/Walikota wilayah Sumatera Utara yang memiliki potensi di bidang PLTMH.

"Kita berharap, pemerintah daerah maupun para pengembang mendapatkan referensi mengenai alternatif pembiayaan PLTMH," ujar Sori Taon.(ant/bsns)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Selain Sebut Pernah Diperkosa, Lady Gaga Juga Ungkap Pernah Alami Gangguan Mental

Selain Sebut Pernah Diperkosa, Lady Gaga Juga Ungkap Pernah Alami Gangguan Mental

Covesia.com - Penyanyi pop Lady Gaga mengungkapkan perjuangannya melawan gangguan kecemasan pascatrauma (post-traumatic stress disorder/PTSD),...

Ikuti Akun Facebook Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring