Dalam Setahun 49 Ribu Kasus Baru Penderita Kanker Payudara

| Sabtu, 01-11-2014 | 04:28 WIB

Jakarta - Sekitar 70 persen pasien kanker payudara di Indonesia terlambat berobat dan baru datang ke rumah sakit setelah sampai tahap

advanced Breast Cancer (aBC)

atau stadium lanjut.

"Di Indonesia, dalam setahun diperkirakan ada sekitar 49 ribu kasus baru penderita kanker payudara. Dari jumlah tersebut diperkirakan hampir 20 ribu pasien kanker payudara meninggal dunia," kata pakar kanker payudara yang juga dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Kanker Dharmais Dr Ronald A Hukom kepada Antara dan dilansir Covesia.com, Sabtu (01/11/2014)

Dokter yang juga merupakan Konsultan Hematologi dan Onkologi Medik Rumah Sakit Kanker Dharmais ini menyebutkan gejala stadium lanjut yang mudah dikenali pasien adalah bila benjolan payudara yang membesar menimbulkan luka, bernanah, atau adanya keluhan terkait metastasis atau penyebaran jauh misalnya di paru (batuk, sesak), di hati (lemas, badan menjadi kuning) atau tulang (nyeri).

Ia juga mengingatkan pentingnya pasien aBC untuk segera pergi ke rumah sakit, meminta pendapat dokter multidisiplin

(oncologist

atau

internist

, ahli bedah, ahli radiasi) mengenai kombinasi cara pengobatan yang paling tepat (terapi sistemik atau kemoterapi, operasi, radiasi, dan sebagainya), beserta urutan cara pengobatan yang optimal.

Pasien pada stadium IV, lanjutnya, umumnya tidak lagi membutuhkan tindakan operasi seperti pada stadium I atau II. Selain penatalaksanaan kanker payudara yang tepat, dibutuhkan juga terapi paliatif pada pasien agar termotivasi selama menjalani perawatan.

Motivasi, kesabaran dan perhatian dari pasangan dan keluarga merupakan hal mendasar yang penting untuk meningkatkan kepercayaan diri dan semangat pasien, ujar dia. (ant/lif)

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Covesia.com - Vocalis Rolling Stones, Mick Jagger, kembali jadi ayah untuk kedelapan kalinya, Kamis waktu setempat, ketika pacarnya penari balet...

Ikuti Akun LinkedIn Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring