Hollande Sambut Baik Pengunduran Presiden Burkina Faso

| Sabtu, 01-11-2014 | 01:25 WIB

Paris - Presiden Prancis Francois Hollande menyambut baik pengunduran diri rekannya Presiden Burkina Faso dan menyerukan untuk tenang dan menahan diri di tengah kerusuhan di bekas koloni Prancis itu.

"Perancis menyambut baik pengunduran diri presiden Burkina Faso yang memungkinkan untuk jalan keluar dari krisis," kata kantor Hollande dalam satu pernyataan yang dikutip AFP dan dilansir Covesia.com, Sabtu (01/11/2014).

Hollande menyatakan "solidaritas" dengan para korban kerusuhan baru-baru ini yang melanda Burkina Faso dan menyerukan "tenang serta menahan diri atas semua orang yang terlibat." "Prancis menyerukan kembali keterikatan terhadap konstitusi dan oleh karena itu agar melaksanakan cepat pemilu yang demokratis," tambah Hollande.

Presiden Burkina Faso Blaise Compaore yang diperangi mengumumkan Jumat pagi bahwa ia mengundurkan diri untuk membuat jalan bagi pemilihan umum setelah pemberontakan kekerasan terhadap kekuasaan 27 tahunnya.

Hollande sebelumnya telah mengatakan bahwa ia "yakin" Compaore akan mengambil "hak keputusan" untuk membawa tenang negara itu.

Dikenal pada zaman kolonial sebagai Volta Hulu, negara terkurung daratan ini menjadi merdeka dari Prancis pada tahun 1960 dan namanya diubah menjadi Burkina Faso (tanah orang benar) pada tahun 1984.(ant/lif)

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Selain Sebut Pernah Diperkosa, Lady Gaga Juga Ungkap Pernah Alami Gangguan Mental

Selain Sebut Pernah Diperkosa, Lady Gaga Juga Ungkap Pernah Alami Gangguan Mental

Covesia.com - Penyanyi pop Lady Gaga mengungkapkan perjuangannya melawan gangguan kecemasan pascatrauma (post-traumatic stress disorder/PTSD),...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring