Lawatan Presiden ke Beijing

Presiden Langsung Rapat Persiapan KTT APEC

M. Sjahbana Sjams | Sabtu, 08-11-2014 | 19:17 WIB

Beijing - Setelah menempuh perjalanan sekitar 7 (tujuh) jam dengan pesawat Kepresidenan BBJ 737-800, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Widodo tiba di Bandara Internasional "Capital" Beijing, Sabtu (8/11/2014) sekitar pukul 17.30 waktu setempat atau 16.30 WIB. Kedatangan Presiden disambut Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia, dan Dubes China di Indonesia Xie Feng.

Setelah beristirahat sejenak, Presiden dan rombongan menuju Hotel Kempinski, Beijing. Di sini sudah menunggu Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L.P. Marsudi dan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel.

Menurut informasi, pada Sabtu (8/11) malam ini, Presiden Jokowi akan mengadakan rapat internal untuk persiapan sejumlah acara di RRT. Selain itu, Presiden akan melakukan konsolidasi terkait persiapan menghadiri KTT APEC pada Senin (10/11).

Dalam kunjungan selama 4 hari 3 malam di RRT, Presiden Jokowi sudah dihadapkan dengan jadwal yang padat. Selain menghadiri KTT APEC, Presiden Jokowi dijadwalkan bertemu sejumlah pemimpin dunia, seperti Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Amerika Serikat Barrack Obama, Presiden RRT Xi Jinping dan PM RRT Li Keqiang, serta PM Jepang Shinzo Abe.

Seperti diberitakan, lawatan pertama Presiden Joko Widodo ke sejumlah negara mulai dari Tiongkok, Myanmar, hingga Australia ini penting untuk memperkuat kepentingan nasional, seperti menarik lebih banyak investasi guna membangun Indonesia.

"Pertemuan ini penting bagi kepentingan nasional kita," kata Wapres Jusuf Kalla di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Sabtu (8/11).

Ia menyebutkan, kepentingan nasional Indonesia itu antara lain meningkatkan investasi yang dapat membantu pengembangan infrastruktur di berbagai daerah di Tanah Air.

Indonesia, kata Wapres, juga membutuhkan banyak investasi guna menunjang beragam program seperti tol laut yang bakal membantu mewujudkan konsep Poros Maritim Dunia yang digagas Presiden Joko Widodo.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, mulai Sabtu (8/11) ini, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo akan melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Negara yang dikunjungi adalah RRT untuk menghadiri KTT APEC, Myanmar untuk menghadiri KTT ASEAN dan ASEA N Plus, serta Australia untuk menghadiri KTT G-20.

Selain menghadiri KTT, di tiap-tiap negara yang dikunjungi, Presiden Jokowi akan melakukan pembicaraan bilateral antara lain dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden AS Barrack Obama, Presiden dan PM RRT, PM Australia Tony Abbot, dan PM Spanyol Mariano Rajoy. (ant/bim)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Presiden Jokowi

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Selain Sebut Pernah Diperkosa, Lady Gaga Juga Ungkap Pernah Alami Gangguan Mental

Selain Sebut Pernah Diperkosa, Lady Gaga Juga Ungkap Pernah Alami Gangguan Mental

Covesia.com - Penyanyi pop Lady Gaga mengungkapkan perjuangannya melawan gangguan kecemasan pascatrauma (post-traumatic stress disorder/PTSD),...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring