Sampah Masuk Fashion Week

Gusliyanti | Sabtu, 08-11-2014 | 18:20 WIB

Jakarta- Siapa sangka sampah plastik bisa menjadi barang bernilai dan dapat menghasilkan uang. Sampah plastik di tangan desainer muda seperti Leni Agustin, Carla Handayani dan XS Project and impact menjadi kalung, gelang, tas dan bando.

Hasil kreasi mereka ini mendapatkan apresiasi dari The Body Shop bekerjasama dengan Waste4Change dengan tema "Upcycle", yang menganugerahi mereka sebagai pemenang dalam kompetisi tersebut.

"Ini suatu langkah maju, karena untuk kali pertamanya sampah masuk dalam Jakarta Fashion Week. Artinya, sudah ada perubahan pola pikir dari para desainer bahwa sampah bukanlah sampah tapi suatu yang bermanfaat," kata Direktur Waste4Change M Bijaksana Junerosano di Jakarta kepada Antaranews yang dirilis covesia.com, Jumat (07/11/2014).

Ia mengatakan salah satu cara paling efektif mengubah pola pikir mengenai sampah adalah dengan mengandeng para pelaku fesyen.

"Dunia mode dapat memengaruhi berperilaku. Sentuhan fesyen membuat orang ingin beli meski mengetahui asesoris terbuat dari sampah," kata dia.

Menurut Bijaksana, peluang bisnis asesoris dengan bahan baku sampah ini sangat terbuka karena permintaan dari luar negeri tergolong tinggi.

"Perlu sentuhan desainer untuk memberikan nilai tambah, tanpa sentuhan seni maka akan sulit bersaing," katanya.

Waste4Change merupakan perusahaan yang dipercaya penyelenggara Jakarta Fashion Week untuk acara tersebut bekerja sama dengan The Body Shop. Jakarta Fashion Week digelar di Kompleks Senayan City, 1-7 November 2014.

Perusahaan yang berorientasi pada penyelamatan lingkungan ini bekerja sama dengan The Body Shop menggelar kompetisi pemanfaatan sampah plastik bagi desainer Indonesia. (ant/gyi)

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Innalillahi, Oon Project Pop Tutup Usia

Innalillahi, Oon Project Pop Tutup Usia

Covesia.com - Mochamad Fachroni, personel grup Project Pop yang dikenal dengan nama Oon, meninggal dunia pada Jumat, setelah lama menderita...

Ikuti Akun Pinterest Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring