Demi Kepentingan Perdamaian

Presiden Afghanistan Undang Taliban

| Sabtu, 01-11-2014 | 00:47 WIB

Islamabad - Presiden Afghanistan, Dr. Ashraf Ghani Ahmadzai Jumat mengundang gerilyawan Taliban untuk berpartisipasi dalam proses rekonsiliasi yang dipimpin oleh pemerintah demi kepentingan perdamaian terakhir di Afghanistan yang dilanda perang.

Dalam pidatonya selama konferensi di Tiongkok, presiden Afghanistan mengatakan, "Kami mengundang oposisi politik, khususnya Taliban, untuk bergabung dengan dialog antar-Afghanistan dan meminta semua mitra internasional kami untuk mendukung proses itu." Dia memperingatkan bahwa kekerasan tidak akan ditoleransi dalam keadaan apapun.

"Kita harus tidak dan tidak akan mengizinkan organisasi mengejar ilusi besar untuk menggunakan Afghanistan sebagai medan perang atau meluncurkan landasan terhadap sistem internasional," kata Ahmadzai kepada Oana yang dikutip Antara dan dilansir Covesia.com, Sabtu (01/11/2014).

Menurut pernyataan Istana Kepresidenan Afghanistan, perdana menteri mengajukan imbauan ke negara-negara regional untuk mendukung upaya Afghanistan dalam masalah ini, termasuk keamanan dan stabilitas.

Presiden mengatakan: "Kami pikir isu Afghanistan harus diselesaikan oleh rakyat Afghanistan sendiri. Kami percaya bahwa orang-orang Afghanistan memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk mengatasi masalah mereka.." Undangan untuk dialog oleh presiden itu datang pada saat pasukan asing dijadwalkan meninggalkan Afghanistan pada akhir tahun ini. (ant/lif)

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Covesia.com - Vocalis Rolling Stones, Mick Jagger, kembali jadi ayah untuk kedelapan kalinya, Kamis waktu setempat, ketika pacarnya penari balet...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring