Bolehkah Wanita Hamil Makan Mie Instant?

Primadoni | Sabtu, 08-11-2014 | 03:00 WIB

Jika kita mendengar kata mie instant,dapat dipastikan setiap orang di Indonesia telah membayangkan bagaimana proses menyantap makanan siap saji yang digemari berbagai kalangan ini.

Karena makanan ini sangat mudah ditemui di negara kita.Bisa dikatakan juga menjamur. Hampir setiap sudut toko dan warung di Indonesia menyediakan stok mie instant ditoko mereka.Selain harganya yang murah,proses pembuatannya juga tergolong sangat mudah.

Ada yang ingin menyajikan dengan cara dimasak dan ada juga yang memilih menyajikannya dengan cara direbus ataupun digoreng.

Supaya lebih nikmat, ada juga yang memberikan tambahan bumbu rempah-rempah.Namun ada pula yang menyukai pola praktis penyajian dengan cara hanya merendam mie instant tersebut dengan air panas.

Namun bolehkah makanan mie instant ini jika dikonsumsi oleh para wanita hamil..?. Tentu akan banyak jawaban dan asumsi yang beredar.Disatu sisi ada yang mengatakan itu fatal dan berbahaya bagi ibu dan janinnya,tanpa membeberkan alasan yang jelas secara ilmu medis.

Ada juga pendapat lain yang mengatakan, ini tidak berbahaya, namun disarankan agar frekuensi memakannya cukup sesekali saja dalam beberapa hari, dan tidak dijadikan makanan harian apalagi makanan pokok.

Jika kita telisik kembali, hal ini disebabkan kandungan mie instant itu berupa tepung-tepungan yang mengandung banyak kalori, tinggi garam, dan kurang mengandung protein, lemak, serta berbagai macam vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan pertumbuhan janin.

Selain itu, kadar garam yang tinggi dikhawatirkan juga dapat memicu peningkatan tekanan darah ibu, yang berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin yang tengah dikandungnya.

Ditambah lagi dengan tingginya kandungan monosodium glutamat (MSG) pada bumbu mie instant .Hal ini juga dapat memicu timbulnya reaksi hipersensitif pada sebagian orang, seperti mual, nyeri kepala, muntah, lemas, yang dapat semakin berat jika zat tersebut dikonsumsi saat hamil.

Jika ibu merasa sulit untuk menghindari konsumsi mie instant, maka tips yang disarankan oleh para ahli medis adalah:

- Kurangi kandungan garamnya, dengan mengurangi jumlah bumbu sampai setengahnya atau kurang, atau meramu bumbu mie sendiri menggunakan bahan-bahan alami di rumah.

-Jangan lupa menambahkan bahan makanan bergizi seperti,wortel, sawi, sedikit telur, kacang polong, maupun sayur-sayuran lainnya.

- Imbangi dengan konsumsi makanan kaya gizi di waktu yang tidak bersamaan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

DPR Tandingan

Komentar

Baca juga

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Kim Kardashian Setia Dampingi Suami di Rumah Sakit

Kim Kardashian Setia Dampingi Suami di Rumah Sakit

Covesia.com - Lebih dari sepekan mengaku kelelahan karena "krisis spiritual", rapper Kanye West masih terbaring di sebuah rumah sakit di Los Angeles...

Ikuti Akun Pinterest Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring