Tabuik Piaman

Haul Wafatnya Cucu Rasulullah, Paduan Tradisi dan Religi Warga Pariaman

Ary | Sabtu, 08-11-2014 | 00:00 WIB
Haul Wafatnya Cucu Rasulullah, Paduan Tradisi dan Religi Warga Pariaman
Monumen Tabuik di Simpang Tabuik, Pariaman, Sumatera Barat, Jumat (7/11/2014). (Muhammad Fitrah/covesia.com)

Pariaman - Memaknai " Perayaan Tabuik " yang secara terus menerus berlangsung dari 1-10 Muharam, penanggalan Islam itu, tidak akan bisa dilepaskan dari sejarah memperingati meninggalnya cucu nabi Muhammad SAW (Rasululah) yang bernama Husein pada tahun 61 Hijriyah, yang bertepatan pula dengan tahun 680 Masehi.

Jika kita mendengar istilah Oyak Hosen dalam perayaan tabuik,itu berarti untuk menggelorakan api semangat perjuangan umat Islam dalam menghadapi musuh-musuhnya.

Sekaligus juga sebagai ratapan atas kematian Husein yang dipenggal kepalanya oleh tentara Muawiyah dalam perang Karbala di Irak.

Bagi masyarakat Pariaman, Sumatera Barat, mengenang kematian cucu Rasulullah ini,selain sebagai bagian dari budaya Islam yang telah lama mengakar dihati masyarakat juga sebagai wadah pemersatu anak negeri,ungkap salah seorang tokoh masyarakat Pariaman, Ajo Heri pada covesia.com, Jumat,(7/11/2014).

Meski telah dikemas sebagai iven tahunan pariwisata, namun kami akan tetap menjaga tradisi ini selama bumi ini masih ada,tukasnya.

Untuk menjaga dan melestarikannya,Kami akan wariskan tradisi ini kepada para generasi kami secara turun temurun,pungkasnya.(jmb)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Tabuik Piaman Warna Warni Indonesia

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Covesia.com - Vocalis Rolling Stones, Mick Jagger, kembali jadi ayah untuk kedelapan kalinya, Kamis waktu setempat, ketika pacarnya penari balet...

Dcover food and drink

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring