Banjir Besar Aceh

Aktivitas Belajar di Aceh Barat Lumpuh

M. Sjahbana Sjams | Jumat, 07-11-2014 | 18:52 WIB

Banda Aceh - Banjir besar yang melanda 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, beberapa waktu lalu, melumpuhkan aktifitas belajar mengajar di kabupaten tersebut. Puluhan sekolah masih dalam kondisi memiriskan karena masih terendam air bercampur kotoran.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Barat, Muslem Raden di Meulaboh, Jumat (7/11/2014) mengatakan, aktivitas sekolah dapat kembali normal diperkirakan pada Senin (10/11), dikarenakan sebagian besar sekolah hingga kini masih terendam air bercampur kotor.

"Sampai hari ini orang tua murid bersama guru dan anak sekolah masih bergotong royong membersihkan sekolah, ada juga dibantu Polri dan TNI, terutama sekolah yang mengalami kerusakan meubelnya," katanya.

Dia menjelaskan, data sementara sekolah yang terendam 52 unit taman kanak-kanak (TK), 65 sekolah dasar (SD/MI), 24 sekolah menengah pertama (SMP/MTs), 9 sekolah menengah atas (SMA/MA/SMK).

Seluruh tim dinas pendidikan Aceh Barat disebar ke berbagai pelosok untuk mendata kerusakan dan melakukan upaya pembersihan secara manual bersama orang tua murid agar segera dapat dimanfaatkan.

Terhitung sejak Senin (3/11) ribuan pelajar di kawasan itu belum dapat menimba ilmu pengetahuan di sekolah, di sisi lain juga tidak disediakan tenda darurat untuk proses belajar mengajar akibat banjir melanda seluruh kecamatan di Kabupaten Aceh Barat.

"Jangankan belajar mengajar, untuk mendatangi sekolah saja tidak bisa, air banjir sangat dalam, mudah-mudahan tidak lagi banjir agar aktivitas sekolah bisa kembali normal," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, ada beberapa sekolah yang mebel dan ATK-nya mengalami kerusakan dan kemungkinan sudah tidak dapat digunakan lagi, namun pihaknya belum dapat merinci total kerusakan dan taksiran kerugian.

Sementara itu pantauan di seputar titik pegungsian komplek SMK N 2 Meulaboh sudah tidak lagi tersedia tenda pegungsian maupun dapur umum yang semula menjadi tempat evakuasi 17 ribu jiwa lebih warga Kecamatan Johan Pahlawan.

Demikian halnya warga perumahan seperti di Komplek Blang Beurandang sudah kembali ke rumah melakukan pembersihan dan dan langsung tinggal meskipun masih ada yang tergenang air banjir karena drainasenya tersumbat. (ant/bim)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Album "Thriller" Michael Jackson dengan Penjualan Terbesar Sepanjang Sejarah

Album "Thriller" Michael Jackson dengan Penjualan Terbesar Sepanjang Sejarah

Covesia.com - Album "Thriller" Michael Jackson, album dengan penjualan terbesar sepanjang sejarah, kembali menorehkan prestasi dengan mencatatkan...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Wiranto Usulkan Pembentukan Satgas Proapo untuk Tangkal Berita Hoax

Wiranto Usulkan Pembentukan Satgas Proapo untuk Tangkal Berita Hoax

Covesia.com - Menteri Koordinator (Menko) bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengusulkan pembentukan Satuan Tugas (Satgas)...

Website Monitoring