Perppu Pilkada Segera Dibahas DPR

M. Sjahbana Sjams | Jumat, 07-11-2014 | 17:39 WIB

Jakarta - Peraturan Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, akan segera dibahas Komisi II DPR.

"Badan Musyawarah baru melimpahkan kepada Komisi II DPR dan kita baru mau membahasnya," kata anggota Komisi II, Jazuli Juwaini di gedung DPR Jakarta, Jumat (7/11/2014).

Menurut dia, pembahasan nanti tidak serta merta menyetujui Perppu tersebut namun mesti memerlukan pertimbangan yang matang karena menyangkut masalah otonomi daerah dan kondisi geografis daerahnya.

"Membahasnya tidak asal plak-plok aja di komisi II. Kita tetap mendengarkan aspirasi dari kepala daerah, DPRD yang ada di bawah serta berbagai pihak seperti pakar dan akademisi," paparnya.

Kendati adanya maksud dan tujuan mengefesiensikan anggaran dengan mengarah pada pilkada langsung secara serentak, kata dia, masih dalam kajian.

"Lembaga DPR ini adalah lembaga negara dan keputusannya berdasarkan kajian, kami juga akan melakukan Rapat Dengar Pendapat Umum dengan mengundang pakar serta melakukan kunjungan kerja," ucap politisi PKS ini

Jazuli mengungkapkan Komisi II harus membahasnya mengingat dalam Perppu tersebut dan Undang-Undang nomor 2 tahun 2014 yang menjabarkan pemilihan kepala daerah melalui DPRD, sementara di Perppu dilakukan secara langsung.

Ia menyatakan apabila Perppu tersebut belum ditanggapi DPR, maka otomatis Perppu itu akan berlaku secara otomatis, maka keharusan komisi II yang membidangi pemerintahan dalam negeri, otonomi daerah, aparatur negara, dan agraria harus melakukan pembahasan.

Sebelumnya, KPU bersama Kementerian Dalam Negeri berharap DPR segera membahas Perppu ini terkait pemilihan kepala daerah. Harapan KPU dan Mendagri bisa sejalan dengan keinginan masyarakat sehingga segera diputuskan paling lambat akhir tahun ini. (ant/bim)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Covesia.com - Vocalis Rolling Stones, Mick Jagger, kembali jadi ayah untuk kedelapan kalinya, Kamis waktu setempat, ketika pacarnya penari balet...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring