DPD Optimistis Judicial Review UU MD3 Dikabulkan MK

Alif Ahmad | Jumat, 07-11-2014 | 17:16 WIB

Jakarta -Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI optmistis Judicial Review terkait UU MD3 yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi akan dikabulkan.


DPD RI beranggapan UU 17/2014 tentang MD3 tersebut cacat formil dan isinya juga tidak mengeloborasi putusan MK no 92 tahun 2012.

"Kita optimis tuntutan kita diterima Mahkamah, dari aspek hukum tata negara telah terjadi contempt of court" kata kuasa hukum DPD RI, Alirman Sori kepada Covesia, Jumat (07/11/2014).


Jika Judisial Review diterima MK, akan memperkuat kembali kewenangan DPD RI, sekaligus untuk mengukuhkan kembali putusan no 92 tahun 2012 tentang fungsi legislasi DPD RI, pembahasan RUU tripartit terhadap UU yang menjadi kewenangan DPD dan juga tentang prolegnas.


"Sejak dulu, RUU yang diajukan DPD RI tidak mendapat pengakuan dari DPR RI. Dengan diterimanya tuntutan DPD RI, maka fungsi DPD dapat kembali sebagaimana mestinya" kata Alirman yang pernah menjadi Ketua Komite I DPD RI ini.

Keputusan MK terkait Judicial Review MD3 akan diputuskan dua minggu kedepan. (gus/lif)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Album "Thriller" Michael Jackson dengan Penjualan Terbesar Sepanjang Sejarah

Album "Thriller" Michael Jackson dengan Penjualan Terbesar Sepanjang Sejarah

Covesia.com - Album "Thriller" Michael Jackson, album dengan penjualan terbesar sepanjang sejarah, kembali menorehkan prestasi dengan mencatatkan...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Wiranto Usulkan Pembentukan Satgas Proapo untuk Tangkal Berita Hoax

Wiranto Usulkan Pembentukan Satgas Proapo untuk Tangkal Berita Hoax

Covesia.com - Menteri Koordinator (Menko) bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengusulkan pembentukan Satuan Tugas (Satgas)...

Website Monitoring