UU ASN Cegah Intervensi Politik PNS

M. Sjahbana Sjams | Jumat, 07-11-2014 | 14:35 WIB

Jakarta - Selama ini kepala daerah kerap melakukan intervensi kepada PNS untuk kepentingan politiknya. Namun dengan hadirnya Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) maka intervensi politik bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat dicegah.

" Kehadiran undang-undang tersebut akan meminimalisasi adanya PNS yang diintervensi oleh kepala daerah untuk kepentingan politik sehingga aparatur pemerintahan tetap netral menjalankan tugas," kata Deputi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Muhammad Yusuf Ateh di Jakarta, Jumat (7/11/2014).

Menurut Muhammad Yusuf, selama ini persoalan yang sering terjadi kepala daerah yang baru terpilih akan mengganti jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tanpa mempertimbangkan kapasitas dan kepangkatan yang dimiliki pegawai. "Sekarang tidak bisa lagi, jika pengangkatan SKPD tidak sesuai aturan dan kepangkatan bisa dibatalkan," kata dia.

Ia mengatakan berdasarkan amanat Undang-Undang Aparatur Sipil Negara akan dibentuk komisi aparatur sipil negara (KASN) yang bertugas mengawasi dan memastikan berjalannya manajemen aparatur sipil negara.

"Komisi aparatur sipil negara tersebut akan membersihkan birokrasi dari politisasi serta praktik korupsi, kolusi dan nepotisme," kata dia.

Menurut Muhammad Yusuf, peran paling penting dari komisi aparatur sipil negara adalah pengawasan dalam promosi jabatan yang harus dilakukan secara terbuka.

" Dengan demikian proses promosi dan pengangkatan menjadi lebih transparan dan diisi oleh orang yang berkompeten sehingga kinerja birokrasi pemerintah menjadi lebih baik," kata dia. (ant/bim)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Covesia.com - Vocalis Rolling Stones, Mick Jagger, kembali jadi ayah untuk kedelapan kalinya, Kamis waktu setempat, ketika pacarnya penari balet...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring