Diprotes LAM Terkait Festival Lampion Raksasa Zhing Qiu, Ini Tanggapan Gubernur Riau

Husni Afriadi | Kamis, 12-10-2017 | 20:39 WIB
Diprotes LAM Terkait Festival Lampion Raksasa Zhing Qiu, Ini Tanggapan Gubernur Riau
Ilustrasi Lampion (antara)

Covesia.com - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman tidak terlalu serius menanggapi surat protes Lembaga Adat Melayu (LAM) yang tidak setuju jika ia memperjuangkan festival lampion raksasa Zhing Qiu menjadi iven nasional di Provinsi Riau.

"Surat kan tujuannya baik, ya nggak apa-apa. Nggak apa-apa statement saya, nanti kita jawab suratnya," tutur pria yang akrab disapa Andi Rachman tersebut.

Andi pun menegaskan, bahwa komitmennya untuk mengangkat potensi-potensi wisata budaya lokal akan tetap menjadi prioritas, khususnya yang berkaitan dengan budaya Melayu.

"Ya kalau ada (budaya lokal, red) yang bisa kita angkat, kita angkat itu," tuturnya yang dilansir dari riau.go.id, Kamis (12/10).

Sebelumnya, surat dari LAM Riau yang menyatakan protes ke Gubernur Riau itu sudah beredar sejak Selasa (10/10/2017). Dalam surat dengan nomor B-102/LAMR/X/2017 itu, ditandatangani oleh Ketua Umum DPH Datuk Seri Syahrial Abubakar, Sekretaris Umum DPH Datuk M Nasir Penyalai, Ketua Umum MKA Al Azhar, dan Sekretaris Umum MKA Datuh H Taufik Ikram Jamil.

Surat itu berisikan nada meminta klarifikasi kepada Datuk Setia Amanah soal pernyataannya yang menyebutkan bahwa festival Zhong Qiu akan diangkat sebagai pariwisata budaya nasional.

LAM merasa keberatan dengan pernyataan Andi Rachman yang akan memperjuangkan festival itu menjadi pariwisata nasional di Riau. "Pernyataan Datuk Setia Amanah itu muncul dibeberapa madia massa," seperti tertulis dalam surat itu.

Dalam surat itu LAM juga meminta jawaban dari Andi Rachman karena itu dianggap penting sebelum lembaga adat ini mengambil sebuah kesimpulan.

Pernyataan Andi Rachman itu dianggap tidak sesuai dengan visi Riau 2020 yang menjadikan Riau sebagai pusat kebudayaan melayu, cogan Riau the Homeland of Melayu, dan tekad membangun Riau berbasis kebudayaan Melayu.

(adi)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Nusantara

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring