Desakan DPR ke Polri Soal Pemanggilan Paksa Dianggap Tidak Relevan

Alif Ahmad | Kamis, 12-10-2017 | 17:47 WIB
Desakan DPR ke Polri Soal Pemanggilan Paksa Dianggap Tidak Relevan
Kapolri Jenderal Tito Karnavian

Covesia.com - DPR mendesak agar Polri membantu Pansus Hak Angket KPK melakukan panggilan paksa dianggap tidak relevan.

"Desakan DPR tersebut tidak relevan, karena proses yang sedang terjadi di Pansus DPR adalah proses politik dan domain hukum administrasi negara atau tata negara, dimana DPR sedang menjalankan fungsi ketatanegaraannya melakukan pengawasan," kata Ketua Setara Institute, Hendardi dalam keterangan tertulisnya kepada Covesia di Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Menurut dia, panggilan paksa hanya dibenarkan dalam konteks meminta pertanggungjawaban pidana atas suatu tindak pidana yang dilakukan oleh seseorang.

"Dengan kata lain, penggunaan panggilan paksa hanya relevan dalam konteks penegakan hukum pidana," tegas dia.

Hal inilah yang membuat wajar jika Polri memberikan dukungan penangkapan dan panggilan paksa yang dilakukan oleh KPK, karena KPK sedang menjalankan proses dalam sistem peradilan pidana.

Dia juga menganggap keterlibatan Polri dalam menjalankan mekanisme panggilan paksa sebagaima diminta Pansus Angket KPK hanya akan memperkuat legitimasi pembentukan dan kinerja Pansus Angket.

Padahal, tambah Hendardi, baik secara yuridis, politis, dan secara etis, Pansus Angket tidak memiliki legitimasi kokoh. "Sebaiknya Polri menunggu putusan Mahkamah Konstitusi yang sedang menguji keabsahan kerja politik Pansus Angket DPR ini," pinta dia.

(jon/lif)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring