Inilah Syarat dan Waktu Pendaftaran PPK dan PPS Pemilihan Walikota Padang 2018

Primadoni | Rabu, 11-10-2017 | 20:26 WIB
Inilah Syarat dan Waktu Pendaftaran PPK dan PPS Pemilihan Walikota Padang 2018
Ilustrasi (Foto:Covesia/Primadoni)

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang bakal membuka pendaftaran penerimaan calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilihan walikota dan wakil walikota Padang, Sumatera Barat, pada pemilihan serentak 2018, yang akan dimulai 18 hingga 21 Oktober 2017.

Formulir pendaftaran bisa diambil di kantor KPU Padang, Jl Syekh Umar Khalil No 42A, Kelurahan Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji atau di kantor camat dan lurah setempat. Dan bisa juga diunduh di website KPU Padang dengan alamat www.kpu-padangkota.go.id

Setiap calon pelamar, mesti berusia paling rendah 17 tahun pada saat pendaftaran. KPU Padang membutuhkan 55 orang PPK untuk 11 kecamatan dan 312 orang PPS untuk 104 kelurahan.

"Calon tidak pernah menjabat dua kali sebagai anggota PPK dan PPS secara berturut-turut. Khusus untuk calon PPS, mendapat usulan bersama dari lurah dan Badan Pemusyawaratan Kelurahan," jelas Ketua KPU Padang, M Sawati, Rabu (11/10/2017).

Dikatakan, persyaratan lainnya untuk pendaftaran calon anggota PPK dan PPS ini adalah Warga Negara Indonesia (WNI), setia pada Pancasila, memilik integritas pribadi yang kuat serta adil dan jujur.

Kemudian, harus berdomisili di wilayah kerja PPK dan PPS, pendidikan minimal SMA/sederajat, tidak jadi anggota partai politik setidaknya dalam jangka waktu 5 (lima) tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik, tidak pernah dipidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

"Calon juga mesti tidak pernah mendapat sanksi diberhentikan tetap oleh KPU kabuten/kota atau DKPP ketika pernah menjadi anggota PPK, PPS dan KPPS pada pemilihan umum," terang Sawati.

Sedangkan persyaratan yang mesti dilengkapi setiap pelamar yaitu :

1. Menyiapkan biodata/daftar riwayat hidup,

2. Poto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Eloktronik,

3. Pas poto bewarna terbaru ukuran 3x4 sebanyak 3 (tiga) lembar,

4. Poto kopi ijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang dilegalisir pejabat berwenang atau surat keterangan dari lembaga pendidikan formal yang menyatakan bahwa yang bersangkutan sedang menjalani pendidikan SLTA/sederajat,

5. Mengisi surat pendaftaran di atas matrai 6000,

6. Mengisi surat pernyataan di atas matrai 6000,next

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Pilkada Serentak

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring