Rupiah Menguat 14 Poin pada Perdagangan Rabu

Alif Ahmad | Rabu, 11-10-2017 | 11:11 WIB
Rupiah Menguat 14 Poin pada Perdagangan Rabu
Ilustrasi

Covesia.com - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu pagi, bergerak menguat sebesar 14 poin menjadi Rp13.498 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.512 per dolar Amerika Serikat (AS).

"Sentimen positif dari dalam negeri terbilang positif bagi pergerakan rupiah meski masih dibayangi sentimen eksternal yang cenderung negatif," kata Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Rabu.

Ia mengemukakan bahwa Pemerintah yang akan menurunkan suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) menjadi 7 persen pada tahun depan, dari saat ini di level 9 persen, dan Survei Bank Indonesia pada Agustus 2017 yang mencatat kenaikan penjualan eceran 2,2 persen dibandingkan bulan sebelumnya menjadi faktor yang menopang rupiah.

Ia menambahkan bahwa Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang masih mengindikasikan berlanjutnya ekspansi kegiatan usaha menambah sentimen positif bagi pasar keuangan.

Bank Indonesia mencatat, Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan berlanjutnya ekspansi kegiatan usaha pada triwulan III-2017, meski tidak setinggi triwulan sebelumnya. Hal itu tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kegiatan usaha yang positif sebesar 14,32 persen, lebih rendah jika dibandingkan triwulan II-2017 yang sebesar 17,36 persen.

"Sentimen dari dalam negeri masih positif sehingga rupiah masih berkesempatan untuk kembali menguat," katanya.

(ant/lif)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Ekonomi dan Bisnis

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Ikuti Akun Facebook Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring