Apa Sih Bedanya Mineral Makeup dengan Makeup Biasa?

Ila Sean | Jumat, 06-10-2017 | 13:16 WIB
Apa Sih Bedanya Mineral Makeup dengan Makeup Biasa?
Pixabay

Covesia.com - Bagi para wanita, pastinya tidak asing lagi mendengar tentang mineral makeup, bukan? Ya, saat ini banyak sekali produk kecantikan, misalnya bedak wajah, yang mengklaim termasuk ke dalam mineral makeup. Sebenarnya apa itu mineral makeup? Semua bermula dengan kata 'alami'. Penasaran?

Sejarah mineral makeup

Mineral makeup adalah makeup yang termasuk ke dalam produk yang diklaim aman, alami dan organik. Jenis makeup ini ditemukan pada tahun 1970-an dengan tujuan membuat riasan tampak lebih alami.

Namun, ternyata makeup ini telah digunakan dari jaman dahulu kala. Budaya kuno sudah menggunakan mineral alami untuk diaplikasikan pada kulit, sebagai kamuflase dan cat untuk perang.

Lalu, pada tahun 1976, Diane Ranger, seorang ahli kimia kosmetik, menciptakan kosmetik mineral pertama. Tujuannya ia merasa perlu adanya makeup dengan bahan-bahan alami.

Selain itu, ketika diaplikasikan akan terlihat natural, tidak berat. Makeup ini semakin terkenal dan diminati karena banyak orang dengan jenis kulit sensitif merasa jenis makeup ini sangat tepat untuk mereka.

Apa itu mineral makeup?

Kandungan apa saja yang ada di dalam mineral makeup sehingga ia bisa diklaim alami? Iron oxides, talc, zinc oxide, dan titanium dioxide adalah kandungan yang terdapat dalam mineral makeup. Zat-zat tersebut telah dijadikan dalam bentuk mikro atau diurai sehingga menjadi partikel kecil untuk membuat makeup.

Iron dioxide merupakan komponen yang terbentuk dari besi dan oksigen, kegunaan senyawa ini adalah untuk menciptakan warna pada makeup.

Talc adalah komponen yang sering kita dengar di bahan-bahan kosmetik. Biasanya tak hanya ditemukan pada kosmetik, mineral lembut ini juga ditemukan pada makanan dan obat.

Mineral ini terbuat dari magnesium, silikon, dan oksigen. Jika bahan ini ditemukan pada bedak, ia akan menyerap kelembapan, mencegah kulit jadi berminyak dan mencegah ruam. Sedangkan zinc dioxide juga memiliki manfaat untuk mencegah iritasi kulit dan membantu penyembuhan kulit iritasi.

Mineral makeup semakin lengkap ketika ada kandungan titanium dioxide, fungsi dari komponen ini adalah sebagai pelindung dari sinar matahari, mengurangi risiko iritasi dan kemerahan akibat sinar matahari.

Apa bedanya mineral makeup dengan makeup biasa?

Penting untuk diketahui bahwa setiap produk mineral makeup akan memiliki bentuk mikro yang berbeda-beda dari komponen di atas. Produk yang dibentuk mikro sebanyak 12 kali akan menciptakan ukuran partikel yang baik sehingga lebih menutupi kekurangan pada wajahnext

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Gaya Hidup

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Ikuti Akun Pinterest Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring