Bagi Para Orangtua Penting untuk Mengetahui Tentang Kapan Anak Diperbolehkan Pacaran

Ila Sean | Sabtu, 30-09-2017 | 18:07 WIB
Bagi Para Orangtua Penting untuk Mengetahui Tentang Kapan Anak Diperbolehkan Pacaran
ilustrasi

Covesia.com - Kebanyakan para orangtua mungkin akan mulai khawatir ketika mengetahui bahwa putra dan putrinya sudah mulai berpacaran. Orangtua biasanya memandang dampak buruk yang muncul saat anaknya mulai pacaran.

Namun, bukankah anak-anak dan remaja memang belum siap pacaran? Atau jangan-jangan mereka sebenarnya sudah bisa memahami apa itu pacaran?

Kapan anak sudah boleh pacaran?

Dikutip covesia dari laman hellosehat, pada masa pubertas, yaitu usia 11 sampai 20 tahun, rasa suka atau tertarik dengan lawan jenis sudah mulai muncul. Hal ini terjadi karena hormon seksual atau reproduksi meningkat. Sehingga tak heran jika seorang anak atau remaja sudah menyukai orang lain.

Namun, usia anak sebenarnya tidak bisa menjadi tolak ukur yang tepat untuk menentukan kapan boleh mulai pacaran. Masalahnya, kadang usia tidak benar-benar menggambarkan kedewasaan anak. Remaja berusia 15 tahun bisa saja jauh lebih dewasa daripada kakaknya yang berusia 18 tahun, misalnya.

Sedangkan untuk mulai pacaran, perkembangan psikologis, kematangan mental, dan kedewasaan justru yang jadi kunci untuk membangun hubungan romantis dengan orang lain secara sehat dan bertanggung jawab.

Lalu, bagaimana cara menilai kedewasaan dan kematangan mental anak anda? Anda bisa melihatnya dari perilaku dan kebiasaan anak sehari-hari. Misalnya apakah anak bisa diberi kepercayaan untuk melaksanakan tanggung jawabnya?

Tanggung jawab tersebut bisa sesederhana membereskan kamarnya sendiri dan membantu adiknya belajar. Bisa juga soal hal-hal besar seperti kelancaran studi di sekolah serta presensi yang baik (tidak pernah membolos).

Anda juga bisa menilai kesiapan anak untuk pacaran dengan melihat cara anak berkomunikasi, apakah sudah efektif atau belum. Misalnya kalau anak sering berbohong. Ini berarti anak belum betul-betul memahami bagaimana caranya berkomunikasi secara jujur dan terbuka. Padahal, untuk menjalin hubungan dengan orang lain, anak harus tahu cara berkomunikasi yang baik.

Menurut para ahli, ini usia yang tepat untuk membiarkan anak pacaran

Meskipun usia sebenarnya tidak bisa dijadikan tolak ukur mulai pacaran, para ahli punya saran kapan kira-kira anak boleh pacaran. Menurut dokter anak dari Denver Health Medical Center di Amerika Serikat (AS), dr. Ron Eagar, biasanya perkembangan psikologis dan kedewasaan seseorang sudah cukup baik pada usia 16 tahun. Karena itu, dr. Ron menyarankan untuk mulai berpacaran pada usia 16 ke atasnext

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Gaya Hidup

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Ikuti Akun Pinterest Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring