Menikmati Akhir Pekan di Teluk Tempurung Batang Kapas Dengan Suasana Pantai Yang Indah

Primadoni | Sabtu, 23-09-2017 | 20:16 WIB
Menikmati Akhir Pekan di Teluk Tempurung Batang Kapas Dengan Suasana Pantai Yang Indah
Pemandanga Teluk Tempurung Batang Kapas Pesisir Selatan (Foto:Covesia/Arif Putra)

Covesia.com - Banyak cara mengisi waktu luang ketika liburan akhir pekan. Ada yang pergi jalan bersama keluarga, santai di rumah, dan menghabiskan waktu di sebuah tempat.

Menghabiskan waktu di sebuah tempat adalah pilihan paling cocok untuk berakhir pekan. Seperti tempat yang ada di Muaro Kecamatan Batang Kapas, tempat yang bernama Teluk Tempurung. Terletak tidak jauh dari jalan raya Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dengan memakan waktu sekitar 20 menit dari simpang jalan raya Batang Kapas. Tempat yang menjorok ke tengah laut ini hampir terlihat seperti sebuah pulau jika dilihat dari kejauhan.

Ini merupakan tempat yang sebenarnya sudah sejak lama di kenal oleh masyarakat Pesisir Selatan. Namun, lantaran akses jalan yang dulu terletak di Sungai Pampan rusak, masyarakat tidak lagi mendatangi tempat tersebut, dengan alasan yang beragam, bahwa tempat tersebut ditutup. Padahal tidak ada sama sekali, melalui jalan yang ada di Simpang Muaro Batang Kapas siapa saja bisa sampai ke sana.

Menikmati matahari tenggelam, atau sekedar bermain pasir dan ombak yang tidak terlalu deras, ini merupakan tempat yang cocok untuk mereka yang tidak bisa berenang. Ombak yang tidak terlalu besar dan tepian pantai nan luas bisa menjadi tempat bermain anak-anak, sembari mencari ikan-ikan kecil atau karang-karang indah.

"tempat ini sebenarnya bisa dijadikan salah satu pilihan wisata pantai, tapi karena masyarakat kita masih awam dan benar-benar tidak bisa mengelola, tempat ini hanya tinggal sebuah pantai yang hanya dinikmati penduduk terdekat saja. Ombak yang pecah pun tidak terlalu ke tepi pantai, menjadikan tepiannya aman untuk bermain anak-anak." sebut Ica (24) seorang mahasiswa yang sedang datang ke sana.

Selain menikmati suasana pantai, sunset dan karang-karang. Tempat ini juga bisa dijadikan spot memancing bagi mereka yang hobi memancing karena banyaknya karang-karang menjadi tempat bermain ikan.

Ijum (25) warga setempat menyampaikan, "dulu sewaktu kami masih sekolah SMP, tempat ini adalah tujuan bermain kami diwaktu libur dan hari-hari besar lainnya. Tapi karena banyaknya isu-isu dari masyarakat tentang hal-hal aneh. Banyak pengunjung tidak berani lagi datang."

Tapi menurut warga setempat, tempat ini aman untuk dijadikan sebuah kunjungan. Tentu dengan syarat bisa menjaga yang sudah ada, dan utamakan sopan santun serta kebersihan. Karena di sana juga menjadi tempat bermuaranya kapal-kapal nelayan. Dan masyarakat di daerah tersebut juga masih melakukan pukat secara tradisional dengan cara ditarik.

"Semoga saja mereka yang datang bisa menjaga kesantunan berkunjung ke tempat ini, tidak asal bicara dan bertingkah seenaknya saja." sambung Ijum.

Reporter Pessel: Arif Putra

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Dcover food and drink

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring