Bagi Anda yang Suka Berkebun, Berikut Cara Mencegah Sakit Punggung Saat Berkebun

Ila Sean | Sabtu, 23-09-2017 | 10:28 WIB
Bagi Anda yang Suka Berkebun, Berikut Cara Mencegah Sakit Punggung Saat Berkebun
ilustrasi

Covesia.com - Kegiatanberkebun memang merupakan salah satu aktivitas yang menawarkan banyak manfaat kesehatan dari segi fisik maupun mental. Namun, meski menawarkan banyak manfaat kesehatan, kebanyakan orang sering mengeluhkan sakit punggung sehabis melakukan aktivitas yang satu ini.

Menunduk berlama-lama untuk menggali, menyekop, menanam benih, serta menata tanaman memang dapat menyebabkan otot dan saraf di sekitar tulang belakang tegang sehingga rentan bikin sakit punggung. Lantas, bagaimana cara efektif untuk mencegah sakit punggung ketika berkebun? Berikut covesia mengulasnya dari laman hellosehat.

Beragam cara mencegah sakit punggung saat berkebun

Melakukan pemanasan

Tahukah anda jika berkebun merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik sama halnya dengan olahraga? Nah, itu sebabnya melakukan pemanasan otot sebelum berkebun merupakan langkah yang tepat untuk mencegah sakit punggung atau cedera otot. Cobalah melakukan beberapa gerakan peregangan sederhana untuk meningkatkan fleksibilitas otot punggung.

Anda bisa melakuan pemanasan "Standing-Cat-Camel" sebagai peregangan punggung sebelum berkebun. Caranya:

  • Berdiri dengan kaki anda terbuka selebar bahu, dan lutut menekuk sedikit.
  • Membungkuk ke depan, letakkan tangan anda di atas lutut.
  • Cekungkan punggung anda ke depan sehingga dada anda akan menutup dan bahu anda melengkung ke depan
  • Kemudian lakukan yang sebaliknya. Condongkan punggung ke depan sehingga otot dada meregang, dan putar bahu anda ke belakang.
  • Ulangi beberapa kali.

Perhatikan posisi saat menyekop atau menggali tanah

Memperhatikan posisi dan postur tubuh saat menyekop atau pun menggali tanah dapat meminimalkan risiko otot tegang dan cedera punggung. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan menyeimbangkan berat tubuh anda pada kedua kaki.

Caranya, berdirilah dengan punggung dan kepala tegak, serta kaki lurus. Kemudian, tempatkan salah satu kaki Anda di pijakan kaki yang sedikit lebih tinggi di atas kepala skop. Setelah itu, gunakan seluruh tubuh anda untuk "menciduk" tanah lalu membuangnya. Ingat, anda tidak disarankan hanya menggunakan kekuatan otot lengan saja.

Hindari memutar badan ke depan atau samping, terutama jika anda sedang membungkuk dan membawa beban. Pasalnya, langkah tersebut justru akan meningkatkan risiko cedera tulang belakang ataupun punggung. Jadi, lebih baik anda memutar dengan cara memindahkan kaki. Namun, pastikan pundak anda selalu sejajar dengan pinggulnext

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Kesehatan

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Ikuti Akun Pinterest Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring