Tertarik dengan Mobil Lelang KPK? Ini Hal yang Harus Kamu Perhatikan

Utari Dwi Rahma S | Jumat, 22-09-2017 | 13:17 WIB
Tertarik dengan Mobil Lelang KPK? Ini Hal yang Harus Kamu Perhatikan
Salah satu mobil sitaan KPK yang dilelang (Foto: Antara)

Covesia.com - Direktorat Jendral Kekayaan Negara Kementerian Keuangan RI pada Jumat (22/9/2017) siang siap menggelar lelang eksekusi barang rampasan KPK, lelang barang gratifikasi KPK serta lelang simulasi barang artis pada Lelang Expo 2017 di Jakarta Convention Center (JCC).

Dalam Lelang Expo 2017 tersebut, ada 19 unit mobil hasil sitaan KPK dari sejumlah terpidana korupsi. Namun sebagian dari mobil-mobil itu tidak dilengkapi dengan BPKB dan STNK.

Untuk itu, Ketua Persatuan Balai Lelang Indonesia, Ali Vitali, menyarankan agar peserta lelang mobil sitaan KPK memperhatikan dokumen kendaraan dan memastikan kondisi fisik mobil sebelum mendaftar untuk mengikuti lelang.

"Untuk yang gratifikasi mungkin sebagian ada yang kurang lengkap, baik STNK atau BPKB. Mungkin ada pajak yang tertunggak," kata Ali kepada wartawan di JCC, Jumat.

"Oleh karena itu pembeli harus memperhatikan, baik dokumen STNK, pajak, sehingga perlu verifikasi detail, termasuk mesin, interior, eksterior juga diperiksa," katanya.

Direktur Utama Balai Lelang Star, Suharjono, mengatakan pemeriksaan unit mobil sebelum mengikuti lelang penting dilakukan karena kendaraan tersebut akan dijual dengan kondisi fisik "apa adanya".

"Peserta lelang harus tahu kondisi, misalnya ada lecet di bumper atau kaca yang retak. Karena risiko ada di pihak pemenang lelang," kata Suharjono.

Kendati tidak dilengkapi surat-surat kendaraan, namun peserta lelang tidak perlu cemas karena setiap unit mobil yang terjual akan dilengkapi dengan Risalah Lelang berupa akte otentik untuk mengurus BPKB baru atau balik nama pemilik kendaraan.

"Nanti setiap peserta yang dinyatakan sebagai pemenang, akan diterbitkan satu Risalah Lelang. Risalah itu seperti akte otentik untuk balik nama di Polda atau Samsat," kata Ali.

Sedangkan peserta yang telah menyetorkan uang jaminan, namun tidak menang dalam proses lelang. Maka uang jaminan tersebut dapat diambil kembali secara utuh satu hari setelah proses lelang di Kantor Lelang Negara.

Sedangkan unit kendaraan yang tidak laku dilelang, akan dikembalikan ke KPK untuk dilelang ulang pada kesempatan berikutnya.

Adapun sebagian model mobil yang dilelang antara lain Jaguar XJL 3.0 VG AT, Toyota Alphard 2.4 AT, AUDI A5, VW Golf, VW Beetle, Honda CR-V, Honda Civic, hingga Jeep Wrangler. Mobil-mobil tersebut dilelang dengan harga mulai Rp 30 juta hingga Rp 1,1 miliar.

Namun di lokasi lelang, saat ini hanya terdapat tiga unit mobil lelang KPK yang terpajang antara lain VW Beetle, VW Golf, dan Honda CR-V.

(ant/utr)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Kasus Korupsi

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring