BI: Peran Fiskal Sangat Penting Bagi Perekonomian Daerah

Primadoni | Selasa, 19-09-2017 | 20:00 WIB
BI: Peran Fiskal Sangat Penting Bagi Perekonomian Daerah
Endy Dwi Tjahjono, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumbar (Tengah), Press Realese bersama awak media, Selasa (19/9/2017) (Foto:Covesia/Primadoni)

Covesia.com - Peran fiskal sangat penting bagi perekonomian daerah, tercermin dari pangsa belanja pemerintah yang menduduki posisi terbesar ketiga terhadap total PDRB Sumatera Barat. Tidak hanya itu, pentingnya pengaruh fiskal juga tergambar dari cukup drastisnya perlambatan pertumbuhan ekonomi Sumbar pada triwulan III 2016 akibat kontraksi konsumsi pemerintah pasca dikeluarkannya kebijakan penundaan DAU dan DAK.

Berangkat dari kondisi tersebut, Kantor Perwakilan BI Prov. Sumbar bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Dirjen Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Prov. Sumbar melakukan diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional periode Agustus 2017 yang dikemas dalam seminar dengan tema "Urgensi Sumber Pembiayaan Fiskal Baru Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Kemandirian Fiskal".

Endy Dwi Tjahjono, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumbar, Selasa (19/9/2017) mengatakan, pemilihan topik tersebut juga didasari beberapa pertimbangan, antara lain pertama, proporsi transfer dana perimbangan terhadap APBD Sumatera Barat yang semakin besar setiap tahunnya. Tahun 2015 proporsinya mencapai 34,28%, 2016 sebesar 55,66%, sementara proporsi dana perimbangan sampai dengan semester I 2017 mencapai 67,15%; kedua, Tren Perlambatan pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat dalam kurun waktu enam tahun terakhir.

"Dalam hal ini, Pemerintah Daerah perlu mencari sumber pertumbuhan ekonomi baru serta sumber pembiayaan baru untuk menutupi gap kebutuhan pembiayaan dan menjaga pertumbuhan ekonomi tetap berkelanjutan, yang ketiga arah kebijakan pemerintah pusat untuk mendorong pemerintah daerah mencari sumber pembiayaan baru serta melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kemandirian fiscal, sebutnya.

Seminar bersama tersebut dilaksanakan di Aula Anggun Nan Tongga Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumatera Barat pada hari Selasa, 19 September 2017. Tujuannya adalah memberikan pemahaman kepada pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait di wilayah Sumbar akan adanya sumber-sumber pendanaan alternatif bagi pembangunan daerah. Selain itu, melalui seminar ini juga diharapkan diperoleh berbagai rekomendasi kebjiakan guna mendorong pertumbuhan ekonomi provinsi Sumatera Barat.

Sementara itu, dalam sambutannya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengungkapkan, Pemerintah menyambut baik inisiatif KPw BI Prov. Sumbar dan Kanwil DJPb Prov. Sumbar dalam melaksanakan seminar ini.

Gubernur juga mengharapkan adanya kontinuitas BI dalam mensinergikan komunikasi dan kebijakan diantara sesama pemangku kebijakan dan stakeholders dalam mendukung pembangunan daerah.

Gubernur Sumbar Menambahkan, ia mendukung perlunya pembiayaan pembangunan daerah melalui pinjaman daerah selama peruntukkannya jelas yaitu untuk mendorong perekonomian daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, ujarnya

(don)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Ikuti Akun Facebook Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring