PTUN Padang Kembali Gelar Sidang Terkait 26 IUP Bermasalah di Sumbar

Primadoni | Selasa, 19-09-2017 | 17:50 WIB
PTUN Padang Kembali Gelar Sidang Terkait 26 IUP Bermasalah di Sumbar
Ilustrasi Sidang perdana terkait 26 Izin Usaha Pertambangan (IUP) bermasalah di Sumatera Barat, di (PTUN) Padang, Selasa (12/9/2017) (Foto:Covesia/Primadoni)

Covesia.com - Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN) Padang menggelar sidang pemeriksaan pokok permohonan terkait 26 IUP bermasalah yang dimohonkan LBH Padang kepada Gubernur Sumatera Barat, Selasa (19/9/2019).

"PTUN Padang kembali melaksanakan sidang dengan no perkara 2/P/FP/2017/PTUN.Pdg tentang Pemeriksaan Pokok Permohonan. Ini kelanjutan sidang 12/9/2017 yang tertunda karena tidak ada surat kuasa dari Gubernur untuk yang mewakilinya," ujar juru bicara LBH Padang, Sudi Prayitno

LBH Padang meminta Gubernur sebagai pihak yang berwenang untuk mencabut izin usaha pertambangan (IUP) yang bermasalah. Sebenarnya mentri Dirjen Kementrian ESDM telah meliris nama-nama perusahaan pertambagan yang termasuk kategori bermaslah.

"26 IUP di Sumatera yang masih aktif padahal statusnya Non Clear and Clean. Sebelumnya kami telah menyampaikan hal ini kepada Gubernur, namun tidak ada respon, artinya secara hukum dianggap dikabulkan. Makanya kami ajukan ke PTUN" ungkapnya.

Lebih lanjut Sudi Prayitno, menyebutkan bahwa peraturan menteri itu sudah jelas bahwa IUP yang statusnya Non Clear and Clean berimplikasi kepada pencabutan.

"Ini sudah jelas diatur oleh peraturan mentri, tetapi tetap saja Gubernur tidak mau mencabut IUP yang bermasalah. Nanti lah kita dengar apa tanggapan termohon," ungkapnya.

Selanjutnya sidang dilanjutkan tanggal Rabu (20/9/2017) dengan agenda pembacaan jawaban oleh termohon.

Reporter Padang: Fadil Mz

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring