Tahukah Anda? Tubuh Manusia Akan Mengalami 6 Hal ini Saat Berada di Luar Angkasa

Ila Sean | Selasa, 19-09-2017 | 10:12 WIB
Tahukah Anda? Tubuh Manusia Akan Mengalami 6 Hal ini Saat Berada di Luar Angkasa
Pixabay

Covesia.com -Pernahkah anda bertanya-tanya, apa sih yang akan terjadi pada tubuh manusia saat berada di luar angkasa tanpa baju ruang angkasa, tanpa perlindungan pesawat ulang-alik?

Apakah benar se-dramatis yang ditampilkan di film-film Hollywood? Apakah anda benar-benar bisa meledak? Apakah ada sedikit saja kesempatan bertahan hidup?

Luar angkasa sangat dingin, anda akan membeku

Luar angkasa adalah lingkungan yang sangat dingin. Temperatur luar angkasa mencapai -270ÂșC, suhu terdingin yang pernah tercatat hanya beberapa derajat sedikit lebih tinggi dari keadaan nol mutlak.

Jadi, jika suatu saat anda mendapatkan diri anda mengambang tanpa arah di ketiadaan tanpa adanya baju ruang angkasa, hanya tinggal menunggu waktu untuk tubuh anda membeku total, dikutip covesia dari laman hellosehat.

Di cuaca panas bumi, tubuh manusia menghasilkan keringat sebagai cara alami pendinginan tubuh. Begitu keringat menguap, residu keringat yang menempel di kulit menggunakan energi panas tubuh sehingga menghasilkan efek dingin menyejukkan.

Di luar angkasa, proses tersebut menjadi berkali-kali lipat. Biasanya, kelembapan udara akan sedikit menghambat efek pendinginan tersebut karena akan lebih sulit bagi keringat untuk menguap di udara yang sudah bercampur dengan air. Di ruang hampa udara, tidak ada kelembapan.

Ketiadaan kelembapan akan memungkinkan proses pendinginan ini dipercepat berkali-kali lipat dengan menguapkan seriap cairan tubuh yang terpapar. Mata anda yang berair, mulut yang terlapisi air liur, dan jalur pernapasan yang lembap akan membeku sebagai hasil dari percepatan proses ini.

Akan tetapi, proses ini tidak akan terjadi secepat yang anda pikirkan. Ruang hampa udara menyebabkan perpindahan panas tubuh menjadi sangat lambat, bahkan mungkin hampir tidak ada sama sekali, sehingga sebelum benar-benar membeku, tubuh anda akan mengalami beberapa proses lainnya terlebih dulu, bahkan beberapa bisa terjadi di saat bersamaan. Pertama, menggelembung layaknya balon.

Tanpa perlindungan, tubuh anda dapat menggelembung luar biasa di ruang angkasa

Saat berada di udara dingin atau dalam air saat di bumi, anda memiliki kemampuan memproduksi arus "konveksi" yang akan menarik panas dari dalam tubuh, tetapi ruang hampa udara tidak memiliki kemampuan perpindahan panas ini akibat adanya tekanan nol.

Tidak, anda tidak akan meledak. Hanya karena tubuh terpapar oleh nol tekanan dari ruangan hampa udara, tidak berarti tubuh anda akan otomatis kehilangan semua kohesi (gaya tarik menarik antar molekul)next

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Kesehatan

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Ikuti Akun LinkedIn Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring