Sssst, Benar Nggak Sih Bergosip Ada Manfaatnya?

Ila Sean | Senin, 18-09-2017 | 14:20 WIB
Sssst, Benar Nggak Sih Bergosip Ada Manfaatnya?
ilustrasi

Covesia.com - Siapa sih yang nggak pernah gosip? Bergosip merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk sebagian orang, terutama wanita. Banyak orang menganggap gosip hanya obrolan omong kosong yang bisa merusak reputasi seseorang.

Memang, bergosip bisa jadi kurang pantas. Bahkan sangat negatif, apalagi jika membicarakan keburukan orang lain. Tapi, tahukah anda bahwa bergosip memiliki manfaat bagi kesehatan seseorang?

Benarkah ada manfaat bergosip?

Sebuah penelitian baru dari University of California, Berkeley, menyatakan bahwa bergosip memiliki manfaat fisik dan psikologis yang signifikan.

Menurut para peneliti, bergosip tidak selalu buruk karena dapat mengatasi prasangka negatif. Hal demikian juga dapat membantu mereka mengatasi stres atau depresi dengan cara lebih positif.

Menurut Robb Willer, peneliti dari University of California, Berkeley, menyebarkan informasi tentang seseorang yang anda lihat berperilaku buruk membuat anda merasa lebih baik dan menenangkan rasa stres yang mendorong anda untuk bergosip. Dalam penelitiannya, dibuktikan bahwa ketika orang-orang melihat seseorang berperilaku buruk, detak jantung mereka meningkat cepat.

Ketika mereka kemudian menceritakan atau mendiskusikan hal tersebut dengan orang lain, detak jantung mereka mulai kembali normal. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan yang paling penting dari kebiasaan bergosip, karena membantu menghilangkan rasa stres dan pikiran negatif.

Selain itu, dengan menyampaikan perilaku buruk seseorang ke orang lain, anda secara tidak langsung mengingatkan orang lain untuk berhati-hati agar perilaku buruk seseorang tidak merugikan mereka.

Misalnya, anda stres karena teman anda selalu datang terlambat padahal anda perlu segera menyelesaikan tugas yang merupakan tanggung jawab bersama.

Anda dapat menceritakan ini ke teman sekantor anda untuk mengurangi stres yang anda hadapi sekaligus memperingatkan teman curhat anda ini jikalau mereka harus menjalani suatu proyek bersama dengan 'si tukang ngaret'.

Bergosip dengan teman baik untuk diri anda, apapun kepribadian yang anda miliki. Menurut peneliti dari University of Pavia di Italia, bergosip dapat meningkatkan kadar oksitosin, atau yang disebut dengan hormon cinta. Kadar oksitosin meningkat setelah seseorang bertukar gosip, dibandingkan bila hanya melakukan percakapan normal.

Para peneliti dari University of Michigan, membuktikan bahwa seorang wanita lebih bahagia dan lebih sehat jika menikmati obrolan rutin dengan teman wanita karena dapat meningkatkan hormon progesteron, yang dapat mengurangi tingkat kecemasan dan stres. Hormon ini memainkan peran penting dalam ikatan sosial dan juga membuat wanita lebih terdorong untuk membantu orang lain dalam masalahnext

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Gaya Hidup

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Ikuti Akun Pinterest Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring