Ini Penjelasan Ahli Seismologi Soal Gempa 8,2 SR Mexico

Utari Dwi Rahma S | Jumat, 08-09-2017 | 14:42 WIB
Ini Penjelasan Ahli Seismologi Soal Gempa 8,2 SR Mexico
Kepanikan Pascagempa 8,2 SR Mexico (Foto: Daily Mail)

Covesia.com - Gempa 8,2 SR yang melanda Mexico pada Kamis (7//9/2017) waktu setempat atau Jumat (8/9/2017) WIB berada di zona subduksi, lempeng pasifik bergerak di bawah semenanjung Meksiko.

Menurut ahli seismologi di California yang bekerja dengan Survei Geologi A.S Lucy Jones yang Covesia kutip dari laman Daily Mail, gempa kali ini berada ditempat yang sering terjadi pergerakan gempa yang lebih besar.

Ia juga akibat gempa ini dimungkinkan ada tsunami kecil menuju ke barat daya. " Tsunami ini tidak akan datang menuju California atau Hawaii," terangnya.

Sebelumnya diketahui Sedikitnya dilaporkan lima orang tewas akibat gempa besar berkekuatan 8,2 melanda pantai selatan Meksiko yang memicu tsunami.

Sebuah tsunami telah terdeteksi di Meksiko setelah gempa tersebut, yang terjadi pukul 11.49 malam semalam, 76 mil barat daya kota Pijijiapan, pada kedalaman 43 mil.

Sistem Peringatan Dini AS mengatakan bahwa gelombang tsunami yang berbahaya secara luas dimungkinkan dalam tiga jam ke depan di pesisir Pasifik beberapa negara Amerika Tengah - Meksiko, Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, Nikaragua, Panama, Ekuador dan Honduras.

Pusat peringatan tsunami lainnya mengatakan bahwa tsunami telah berkembang di Meksiko, dengan gelombang terbesar yang diukur pada 2.3ft.

(utr)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Bencana

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring