Banda Aceh Diguncang Gempa 5,6 SR

M. Sjahbana Sjams | Jumat, 07-11-2014 | 09:35 WIB

Banda Aceh - Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) menguncang Banda Aceh dan sekitarnya, Jumat (7/11/2014) pagi. Akibatnya, sebagian warga berhamburan ke luar rumah. Guncangan gempa sangat dirasakan oleh masyarakat yang sedang berada di bangunan berlantai lebih dari satu. Secara spontan mereka langsung turun serta keluar dari bangunan tersebut.

Namun, guncangan gempa pada pagi hari tersebut tidak dirasakan bagi mereka yang sedang di atas kendaraan bermotor. "Saya tidak merasakan guncangan gempa karena sedang di atas mobil," kata Citra Dewi, warga Banda Aceh.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Giofika (BMKG) menyebutkan gempa 5,6 SR itu terjadi pukul 7.20 WIB, dan berpusat di 4,68 Lintang Utara dan 94,79 Bujur Timur atau 101 kilometer barat daya Kabupaten Aceh Jaya. Gempa yang ikut dirasakan sebagian masyarakat Banda Aceh dan Aceh Besar itu dengan kedalaman 85 kilometer.

Gempa berkekuatan 8,9 SR yang disertai tsunami menyebabkan lebih 200 ribu jiwa warga di pesisir pantai sejumlah kabupaten dan kota di Aceh dilaporkan hilang dan tewas pada 26 Desember 2004.

Bencana dahsyat di abad 21 tersebut juga berdampak hancurnya lebih 120 ribu unit rumah penduduk dan memporak-porandakan sebagian besar fasilitas publik di sejumlah kabupaten dan kota pesisir pantai barat Aceh akhir Desember 2004 itu. (ant/bim)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Bencana

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Album "Thriller" Michael Jackson dengan Penjualan Terbesar Sepanjang Sejarah

Album "Thriller" Michael Jackson dengan Penjualan Terbesar Sepanjang Sejarah

Covesia.com - Album "Thriller" Michael Jackson, album dengan penjualan terbesar sepanjang sejarah, kembali menorehkan prestasi dengan mencatatkan...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Wiranto Usulkan Pembentukan Satgas Proapo untuk Tangkal Berita Hoax

Wiranto Usulkan Pembentukan Satgas Proapo untuk Tangkal Berita Hoax

Covesia.com - Menteri Koordinator (Menko) bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengusulkan pembentukan Satuan Tugas (Satgas)...

Website Monitoring