Ssst, Begini Lho Caranya Agar Bisa mengingat Kembali Mimpi Saat Anda Tertidur

Ila Sean | Selasa, 22-08-2017 | 16:31 WIB
Ssst, Begini Lho Caranya Agar Bisa mengingat Kembali Mimpi Saat Anda Tertidur
Pixabay

Covesia.com - Saat tertidur, setiap orang pasti pernah merasakan mimpi. Beberapa mimpi mungkin merupakan hal yang indah atau bahkan buruk. Mimpi menjadi sumber daya tarik dan misteri untuk para peneliti dan masyarakat umum.

Pada dasarnya semua orang bermimpi saat tidur, namun tidak semua orang ingat tentang mimpi mereka ketika mereka terbangun dari tidur. Namun, ternyata ada beberapa orang yang dalam tidurnya tidak pernah mengalami bermimpi.

Sebuah studi baru menjawab sejumlah pertanyaan yang banyak diperbincangkan terkait mengapa banyak orang yang tidak ingat dengan mimpinya. Meskipun para peneliti tidak dapat mengatakan dengan pasti apakah orang dipastikan bermimpi setiap malam, namun studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sleep Research, menunjukan bahwa kita bermimpi lebih sering dari yang kita sadari.

Untuk mendapatkan tanda objektif bahwa orang bermimpi, para peneliti menggunakan 289 orang yang dijadikan sampel penelitian dengan gangguan tidur REM (Rapid Eye Movement) yaitu ditandai dengan pergerakan mata yang cepat dan merupakan tahap di mana mimpi terjadi. Selama fase ini, tubuh lumpuh sehingga seseorang tidak bertindak menuruti mimpinya dalam tidur.

Setelah mereka terbangun, penulis studi tersebut memberi kuesioner meminta orang-orang menjawab apakah mereka bermimpi atau tidak. Bahkan ketika mereka mengatakan mereka tidak bermimpi, setiap satu dari peserta menunjukan tanda-tanda bahwa mereka mengalaminya.

Ketika kita bermimpi, kita menduga ini adalah pengalaman subjektif dari masing-masing orang. Studi juga menemukan jika aktivitas otak dari orang-orang yang mengingat mimpi mereka berbeda dari orang-orang yang tidak ingat mimpi apa semalam. Tetapi perbedaan itu terkait pada memori, bukan pada mimpi itu sendiri. Jadi kemungkinan besar dalam tidur kita bermimpi walaupun kita tidak mengingat hal tersebut saat bangun.

Berikut covesia mengutip dari laman hellosehat, beberapa cara agar anda lebih sadar terhadap apa saja yang terjadi pada alam bawah sadar anda ketika tidur:

Peka terhadap lingkungan sekitar

Hasil penelitian menunjukan jika orang yang memiliki daya ingat tinggi mungkin lebih reaktif terhadap rangsangan seperti suara yang bisa membuat mereka lebih mudah bangun. Hal ini membuat orang tersebut lebih mungkin akan ingat mimpi mereka saat mereka terbangun.

Si tukang tidur

Orang yang sering terbangun pada malam hari juga lebih mudah untuk mengingat mimpi mereka agar mendapat tidur malam yang baik setiap hari. Namun dalam kasus ini, lebih baik jika memperbaiki siklus tidur agar mendapatkan kualitas tidur yang baiknext

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Ragam

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Menikah dengan Livia Giuggioli, Aktor Colin Firth Resmi Mendapat Kewarganegaraan Italia

Menikah dengan Livia Giuggioli, Aktor Colin Firth Resmi Mendapat Kewarganegaraan Italia

Covesia.com - Aktor Inggris Colin Firth mendapatkan status kewarganegaraan Italia pada Jumat (22/9), menurut Kementerian Dalam Negeri di Roma."Aktor...

Ikuti Akun Flickr Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring