Warga Amerika Antusias Saksikan Gerhana Matahari Pertama dalam Seabad

Alif Ahmad | Selasa, 22-08-2017 | 10:16 WIB
Warga Amerika Antusias Saksikan Gerhana Matahari Pertama dalam Seabad
Dok. Covesia

Covesia.com - Bayangan bulan menghalangi sinar matahari, Senin pagi waktu AS, ketika gerhana matahari total pertama dalam satu abad menyelimuti AS dari wilayah barat laut Pasifik AS sampai pesisir Atlantik. Jutaan rakyat AS serempak menengadah ke langit sambil memakai kaca mata, teleskop dan kamera.

Setelah berpekan-pekan menunggu, para pengamat menikmati fenomena alam yang berlangsung dua menit ketika bulan pelan-pelan bergerak menutupi matahari.

Gerhana ini memicu sorak sorai warga yang menontoninya langsung di Depoe Bay, Oregon, sejak bulan pelan-pelan menutupi sinar matahari. "Indah. Saya berharap bisa mengalaminya lagi," kata Stormy Shreves (57), nelayan di Depoe Bay.

Terakhir kali gerhana matahari total terjadi di wilayah pesisir pantai AS adalah pada 1918. Sedangkan terakhir kali gerhana matahari total terlihat di salah satu bagian AS terjadi pada 1979.

Sekitar 12 juta penduduk AS tinggal di area selebar 113 km dan sepanjang 4.000 km yang merupakan zona gerhana matahari total kali ini. Jutaan orang lainnya berbondong-bondong ke zona ini demi menjadi saksi langsung fenomena alam itu, sedangkan yang lain menyaksikan dari televisi dan media sosial.

"Luar biasa," kata Cheryl Laroche (57) yang bersama suaminya, Rob, bergabung dengan penyaksi lainnya di Roshambo ArtFarm di Sheridan, Oregon.

Gerhana matahari mencapai totalitasnya di Oregon pukul 10:15 pagi waktu setempat, dan lalu pelan-pelan bergeser ke pelosok timur AS. Fenomena itu akan berakhir pukul 14:49 waktu setempat dekat Charleston, South Carolina.

Nancy Conway (57), kepala sekolah dasar, mengaku bersama keluarganya sengaja berkendara ke Charleston dari Lynn, Massachusetts, demi menyaksikan gerhana matahari total ini.

"20 jam, tiga pengemudi, empat orang dewasa, dua anak kembar berusia 6 tahun," kata Conway. "Ini pengalaman sekali dalam seumur hidup."

(ant/lif)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Ragam

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Menikah dengan Livia Giuggioli, Aktor Colin Firth Resmi Mendapat Kewarganegaraan Italia

Menikah dengan Livia Giuggioli, Aktor Colin Firth Resmi Mendapat Kewarganegaraan Italia

Covesia.com - Aktor Inggris Colin Firth mendapatkan status kewarganegaraan Italia pada Jumat (22/9), menurut Kementerian Dalam Negeri di Roma."Aktor...

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring