Meskipun Danau Maninjau Masih Tercemar, Masyarakat Tetap Nekat Berkaramba

Primadoni | Sabtu, 19-08-2017 | 21:37 WIB
Meskipun Danau Maninjau Masih Tercemar, Masyarakat Tetap Nekat Berkaramba
Tampak aktifitas masyarakat berkaramba di salingka Danau Maninjau (Foto:covesia/Johan Utoyo)

Covesia.com - Tercemarnya Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam beberapa waktu belakangan berdampak buruk bagi ekonomi masyarakat sekitar danau, terutama para peternak karamba jaring apung (KJA). Meskipun sosialisasi penghentian sementara berkaramba sedang di gencarkan para peternak tetap bersikukuh untuk kembali ke danau.

Pantauan Covesia.com dilapangan, banyak peternak yang sudah melaksanakan kegiatan di dalam danau,meskipun kondisi danau masih dalam proses pemulihan.

Kepala dinas Perikanan dan ketahanan pangan (DPKP) Agam, Ermanto membenarkan perihal tersebut, danau maninjau dalam masa pemulihan meskipun hasilnya tidak begitu besar tapi masyarakat sudah nekad kembali berkaramba. "40 persen masyarakat sudah kembali turun ke danau," ujarnya kepada Covesia Sabtu (19/8/2017).

Disisi lain Zul (40) salah seorang pemilik KJA di Nagari II Koto mengatakan meskipun hasilnya tidak terlalu besar masyarakat sangat menggantungkan hidup pada usaha tersebut.

"Umumnya mata pencaharian masyarakat disini adalah beternak ikan,program kembali kedarat bercocok tanam dari pemerintahbelum mencukupi biaya hidup kami sehari-hari," jelasnya.

Sementara itu Camat Tanjung Raya Handria Asmi menuturkan, berbagai upaya sudah dilakukan untuk mengalihkan mata pencaharian masyarakat dari danau kembali ke darat.

"Jumlah keramba jaring apung sekitar 17.226 petak. Sedangkan daya tampung yang diatur pada Perda Nomor 5 tahun 2014 tentang Pengolahan Kelestarian Danau Maninjau hanya 6.000 petak," Terangnya.

Ia mengatakan berbagai macam program telah dilaksanakanOPD terkait, seperti pelatihan usaha, dan pembagian bibit tanaman, penarikan kembali karamba yang tidak terpakai sertasosialisasi yang diberikan dari Pemdahinggapemerintah nagari di selingkaran danau," terangnya.

Reporter Kab. Agam: Johan Utoyo

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Menikah dengan Livia Giuggioli, Aktor Colin Firth Resmi Mendapat Kewarganegaraan Italia

Menikah dengan Livia Giuggioli, Aktor Colin Firth Resmi Mendapat Kewarganegaraan Italia

Covesia.com - Aktor Inggris Colin Firth mendapatkan status kewarganegaraan Italia pada Jumat (22/9), menurut Kementerian Dalam Negeri di Roma."Aktor...

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring