Cuaca Buruk, Nelayan di Pesisir Pantai Pariaman tak Melaut

Primadoni | Kamis, 17-08-2017 | 15:57 WIB
Cuaca Buruk, Nelayan di Pesisir Pantai Pariaman tak Melaut
Ilustrasi Nelayan yang menyandarkan kapalnya di pinggir Pantai

Covesia.com - Ombak besar yang menerjang disejumlah pantai di Kota Pariaman, Sumatera Barat mengakibatkan para nelayan tidak berani melaut demi mempertimbangkan keselamatan jiwanya. Akibatnya para nelayan tidak ada pemasukan untuk menafkahi keluarga.

"Sudah sepekan ini tidak melaut karena ombak besar disertai angin kencang dan cuaca ekstrim. Apalagi saat ini cuaca susah ditebak, misalnya pagi cerah kemudian tiba-tiba datang saja angin kencang dan hujan deras," kata Edi (37) salah seorang nelayan di Desa Taluk, Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Kamis (17/8/2017).

Edi mengatakan, sudah empat hari ini hanya berdiam diri saja dirumah efek tidak bisa melaut. Sehingga sangat besar dampaknya terhadap ekonomi. Pasalnya, jangankan kasih belanja anak kesekolah, menutupi kebutuhan pokok saja sulit.

"Kita sangat berharap agar cuaca secepatnya normal, agar bisa melaut menangkap ikan pagi untuk memenuhi kebutuhan hidup," harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Pariaman, Kardinal mengatakan, seperti cuaca saat ini, sangat rawan bagi para nelayan pergi melaut. Sehingga BPBD Kota Pariaman sudah mendirikan bendera warna merah tanda dilarangnya melaut," ujarnya.

Ada tiga macam warna yang didirikan di Tugu Perjuangan Pantai Gadoriyah tersebut. Ketiga warna bendera itu dikibarkan tergantung cuaca. Warna hijau menandakan boleh melaut, warna kuning tandanya berhati-hati dan merah tanda tidak boleh atau tidak diizinkan karena bisa berakibat fatal jika masih tetap melaut.

Reporter Kota Pariaman: Rozi Yardinal

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Menikah dengan Livia Giuggioli, Aktor Colin Firth Resmi Mendapat Kewarganegaraan Italia

Menikah dengan Livia Giuggioli, Aktor Colin Firth Resmi Mendapat Kewarganegaraan Italia

Covesia.com - Aktor Inggris Colin Firth mendapatkan status kewarganegaraan Italia pada Jumat (22/9), menurut Kementerian Dalam Negeri di Roma."Aktor...

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring