Pesona Lembah Harau dengan Tujuh Air Terjun

Utari Dwi Rahma S | Sabtu, 12-08-2017 | 14:18 WIB
Pesona Lembah Harau dengan Tujuh Air Terjun
Kawasan Wisata Lembah Harau, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat (Foto: Sportourism)

Covesia.com - Berkunjung ke Sumatera Barat tak lengkap rasanya sebelum menikmati indahnya pesona alam ranahnya orang awak ini. Bukittinggi punya ngarai sianok, namun tak banyak wisatawan luar yang tahu kalau Sumatera Barat (Sumbar) juga punya kawasan wisata berupa lembah yang tak kalah memukau dari Ngarai Sianok.

Ya, Lembah Harau. Lembah Harau tak hanya menyajikan pemandangan alam berupa lembah hijau yang dikelilingi bebatuan granit raksasa namun juga tujuh air terjun yang memukau. Lembah indah ini berada di Kabupaten 50 Kota yang berjarak lebih kurang 138 KM dari Kota Padang dan 47 KM dari Kota Bukittinggi. Tak jauh memang, hanya membutuhkan perjalanan darat selama 3 jam dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Tak banyak yang tahu, Lembah Harau sebenarnya merupakan cagar alam seluas 669 hektar. Bahkan hasil survei Tim Geologi asal Jerman tahun 1980 menemukan jenis batuan yang di daerah ini identik dengan bebatuan yang berada di dasar laut terdiri dari breksi dan konglomerat.

Sebenarnya temuan ini berbanding lurus dengan cerita rakyat setempat. Menurut legenda setempat dulunya kawasan itu adalah laut. Tak hanya itu, kata 'Harau' berarti 'Parau' atau suara serak karena dulunya penduduk setempat sering dilanda bencana longsor dan banjir sehingga menimbulkan kegaduhan dan kepanikan.

Penduduknya sering berteriak histeris dan akhirnya menimbulkan suara parau. Dengan ciri suara penduduknya banyak yang parau didengar maka daerah tersebut dinamakan 'orau' dan kemudian berubah nama menjadi 'Arau' hingga akhirnya penyebutan lebih sering menjadi 'harau'.

Lembah Harau memiliki iklim tropis dan tanah yang subur, juga keindahan pemandangan alam yang menawan. Lembah Harau dijuluki Lembah Yosemite di Indonesia karena memiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosemite yang terletak di Sierra Nevada California dan telah terkenal ke seluruh dunia.

Di Lembah Harau ini terdapat tujuh air terjun (sarasah) yang mempesona. Ketinggian masing-masing air terjun berbeda-beda antara 50-90 meter yang mengalir dari atas jurang yang membentang di sepanjang Lembah Harau.

Memasuki Taman Wisata Lembah Harau kamu akan merasakan sensasi bak berada dalam sebuah benteng dengan tebing kemerah-merahan yang tingginya antara 150 hingga 200 meter. Berikut Covesia sebutkan tujuh air terjun yang berada di Lembah nan mempesona ini.

Sarasah Bunta

Disini terkenal karena air terjun yang berunta-unta indah dilihat apabila terpancar sinar matahari seperti bidadari yang sedang mandi sehingga dinamakan Sarasah Bunta. Air terjun Sarasah Bunta pertama kali dibuka tanggal 14 Agustus 1926 oleh Asisten Residen 50 Kota, F. Rinner bersama Tuanku Laras Datuk Kuning Nan Hitam dan Asisten Demang Datuk Kodoh Nan Hitam. Prasasti penanda ini mengisyaratkan keindahan air terjun Sarasah Buntanext

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Travel

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Ramaikan Blantika Musik Indonesia, Sarah Usman Bawakan Lagu Rieka Roslan

Ramaikan Blantika Musik Indonesia, Sarah Usman Bawakan Lagu Rieka Roslan

Covesia.com - Sarah Usman, penyanyi kelahiran Jakarta 4 September 1987, meramaikan blantika musik Indonesia lewat lagu "Cinta Bukanlah Cinta" karya...

Dcover food and drink

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring