5 Tips Sukses Bikin Bakwan Enak, Empuk dan Tidak Bantat

Ila Sean | Jumat, 11-08-2017 | 12:34 WIB
5 Tips Sukses Bikin Bakwan Enak, Empuk dan Tidak Bantat
Bakwan

Covesia.com - Bakwan memang salah satu makanan favorit bagi banyak orang. Selain rasanya yang gurih, cara bikinnya mudah, harga bahannya pun terjangkau.

Umumnya bakwan terbuat dari tepung terigu dan sayuran, seperti irisan wortel, kol, toge, dan daun bawang. Tapi ada juga bakwan dengan bahan dasar lain seperti mie, jagung, atau tahu.

Meskipun cara bikinnya terbilang mudah, bakwan bisa saja jadi lembek, tidak berbentuk cantik, atau bahkan bantat. Agar sukses membuat bakwan yang empuk dan renyah, berikut covesia bagi tipsnya dari resepkoki.id

Gunakan campuran tepung

Rahasia pertama yang membuat bakwan anda tidak bantat adalah menggunakan campuran tepung terigu dan tepung beras. Perbandingannya yaitu 250 gram tepung terigu dengan 1 sdm tepung beras atau 4 : 1. Tepung beras inilah yang akan menghasilkan bakwan yang renyah.

Selain tepung beras, ada beberapa orang yang menggunakan tepung tapioka atau kanji sebagai campurannya. Namun tepung tapioka bersifat lengket sehingga bakwan akan lebih cepat mengeras atau bantat dan kurang empuk.

Bakwan bisa jadi bantat karena kandungan protein gluten yang ada dalam tepung terigu. Maka pilihlah tepung protein rendah atau sedang yang punya kandungan gluten lebih sedikit. Selain itu, tepung terigu serbaguna juga bisa anda pilih untuk membuat bakwan.

Campurkan sayuran bertahap dan aduk secukupnya

Siapkan tepung, bumbu-bumbu, dan isian sayuran atau bahan lainnya. Campurkan tepung dengan bumbu dan air, lalu aduk hingga rata. Pengadukan tidak perlu terlalu kuat atau semangat ya, cukup asal rata saja. Pengadukan yang terlalu kuat dan cepat akan membuat gluten dalam terigu jadi terbentuk. Inilah penyebab utama bantat.

Campurkan sayuran hanya saat bakwan akan digoreng saja sebab sayuran mengandung air yang akan membuat adonan lebih encer, apalagi kalau sering diaduk. Adonan bakwan yang terlalu encer ini nantinya akan menyerap banyak minyak saat digoreng.

Penggunaan telur dan soda kue

Ada beberapa resep yang sering menambahkan telur di campuran adonan bakwan. Memang, telur bisa membuat bakwan lebih lembut dan gurih, namun bakwan akan lebih mudah lembek setelah dingin. Agar lebih gurih tanpa telur, anda bisa menambahkan ebi yang dihaluskan dalam adonan bakwan.

Soda kue ditambahkan untuk membuat bakwan jadi lebih renyah dan mengembang, sehingga bentuknya akan jadi lebih bagus. Tapi perhatikan takarannya ya sebab jika terlalu banyak, soda kue bisa memberi rasa pahit pada bakwannext

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Kuliner

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Ramaikan Blantika Musik Indonesia, Sarah Usman Bawakan Lagu Rieka Roslan

Ramaikan Blantika Musik Indonesia, Sarah Usman Bawakan Lagu Rieka Roslan

Covesia.com - Sarah Usman, penyanyi kelahiran Jakarta 4 September 1987, meramaikan blantika musik Indonesia lewat lagu "Cinta Bukanlah Cinta" karya...

Dcover food and drink

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring