Uni Eropa Tambah Sanksi Korut Setelah Peluncuran Rudal ICBM

Alif Ahmad | Jumat, 11-08-2017 | 11:07 WIB
Uni Eropa Tambah Sanksi Korut Setelah Peluncuran Rudal ICBM
Ilustrasi

Covesia.com - Uni Eropa (UE) memperluas daftar hitam sanksi mereka terhadap Korea Utara saat retorika sengit antara Washington dan Pyongyang kian meningkatkan ketegangan.

Uni Eropa terus meningkatkan pembekuan aset dan larangan perjalanan terhadap Korea Utara atas pelanggaran yang berulang kali negara itu lakukan terhadap resolusi PBB terkait program nuklir dan rudal balistik mereka.

Setelah uji coba Rudal Balistik Antarbenua (ICBM) yang dikabarkan mampu mencapai daratan Amerika Serikat (AS), PBB pekan lalu memberlakukan pembatasan paling keras yang ditujukan untuk mengurangi pendapatan ekspor utama Korea Utara.

Beberapa negara anggota Uni Eropa mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sesuai dengan resolusi PBB, blok tersebut menambah sembilan individu dan empat entitas - termasuk Bank Perdagangan Asing (Foreign Trade Bank/FTB) milik pemerintah - ke dalam daftar sanksi mereka.

"Resolusi ini diterapkan pada 5 Agustus 2017 dalam bentuk respons terhadap aktivitas pengembangan senjata nuklir dan rudal balistik yang sedang dilakukan Korea Utara, yang melanggar dan mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB sebelumnya," menurut pernyataan itu.

Keputusan tersebut menambah jumlah total individu yang dicantumkan oleh Uni Eropa menjadi 103, ditambah 57 entitas.

(ant/lif)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Internasional

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Ramaikan Blantika Musik Indonesia, Sarah Usman Bawakan Lagu Rieka Roslan

Ramaikan Blantika Musik Indonesia, Sarah Usman Bawakan Lagu Rieka Roslan

Covesia.com - Sarah Usman, penyanyi kelahiran Jakarta 4 September 1987, meramaikan blantika musik Indonesia lewat lagu "Cinta Bukanlah Cinta" karya...

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring