3 Langkah Jitu Melawan Rasa Malas

Ila Sean | Senin, 07-08-2017 | 16:58 WIB
3 Langkah Jitu Melawan Rasa Malas
ilustrasi

Covesia.com - Setiap orang pasti pernah merasakan malas. Rasa malas atau yang kini lebih sering disebut dengan istilah "mager" alias malas gerak, merupakan masalah yang sering kali dialami oleh banyak orang.

Meskipun sepele, namun rasa malas dapat menghambat aktivitas yang dilakukan dan membuat anda justru terbiasa dengan kemalasan jika anda tidak mencoba untuk melawannya. Biasanya, rasa malas muncul karena tidak ada motivasi yang dapat membuat seseorang bergerak atau melakukan sesuatu.

Namun, peneliti mengatakan bahwa kurangnya motivasi ini ternyata lebih banyak dipengaruhi oleh faktor biologis, bukan sekadar sikap dan kebiasaan saja.

Kenapa rasa malas bisa muncul pada otak?

Menurut informasi yang didapat, para peneliti telah melakukan pemindaian dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk meneliti motivasi dan rasa malas.

Hasil scan menunjukan bahwa ketika orang memutuskan untuk melakukan sesuatu, korteks pra-motor pada otaknya cenderung menyala sesaat sebelum titik lain di otak yang mengendalikan gerakan menjadi aktif.

Namun pada orang yang malas, korteks pra-motor tersebut justru tidak menyala karena koneksinya terputus. Peneliti menduga bahwa koneksi otak yang menghubungkan 'keputusan untuk melakukan sesuatu' menjadi tindakan nyata menjadi kurang efektif pada orang yang malas.

Akibatnya, otak mereka harus melakukan upaya yang lebih keras untuk mengubah keputusan yang diambil otak menjadi tindakan aksi yang nyata.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Cerebral Cortex pada tahun 2012 menemukan bahwa tingkat dopamin di otak juga dapat berdampak pada motivasi seseorang dalam melakukan sesuatu. Tingkat dopamin akan memberikan dampak yang berbeda di berbagai area otak.

Peneliti menemukan bahwa para pekerja keras memiliki dopamin paling banyak di dua area otak yang memainkan peran penting dalam penghargaan dan motivasi, namun memiliki tingkat dopamin yang rendah di insula anterior, wilayah yang terkait dengan penurunan motivasi dan persepsi.

Tips melawan rasa malas

Rasa malas tentu tidak boleh dibiarkan, karena semakin anda malas, maka akan semakin banyak aktivitas yang anda lewatkan. Rasa malas juga dapat membuat produktivitas anda menurun.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips untuk melawan rasa malas, dikutip covesia dari laman hellosehat:

Ingat kembali 'why'

Rasa malas biasanya disebabkan oleh kurangnya motivasi untuk melakukan sesuatu. Kehilangan 'why' atau alasan anda melakukan sesuatu, dapat membuat anda kehilangan arah tujuannext

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Gaya Hidup

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Ikuti Akun Pinterest Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring