Mempererat Kerja Sama antar Negara, Marinir Indonesia dan AS Latihan Bersama

Primadoni | Senin, 17-07-2017 | 19:49 WIB
Mempererat Kerja Sama antar Negara, Marinir Indonesia dan AS Latihan Bersama
Prajurit Intai Amfibi Marinir Indonesia dan Special Force Group US Army mengikuti upacara pembukaan Latihan Bersama Balance Lantern Iron 16-2444 di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Lampon, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (22/8/2016) (Foto: Antara)

Covesia.com - Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat menggelar latihan bersama di Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Senin, dalam kaitan mempererat kerja sama kedua belah pihak.

Latihan bersama yang bertajuk "Marines Tactical Warfare Simulation" (MTWS) tersebut secara resmi dibuka oleh Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han) yang diwakili Wakil Komandan Pasmar-1 Kolonel Marinir Siswoto.

Dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Pasmar-1, Komandan Pasmar-1 mengatakan, latihan bersama antara Indonesia dengan Amerika Serikat dalam bentuk gladi posko tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kerja sama kedua belah pihak.

"Terutama untuk taktik dan prosedur pasukan multinasional dalam hubungan operasi bantuan kemanusaiaan dengan menggunakan sistem perencanaan militer," katanya, seperti yang dilansir dari Antara.

Ia mengemukakan, kegiatan ini juga untuk melatih unsur pimpinan dan pembantu pimpinan Satuan Korps Marinir tingkat batalyon dalam proses pengambilan keputusan militer sesuai level jabatan terkait penanganan bencana alam.

Dirinya berharap, latihan yang menggunakan teknologi simulator terbaru tersebut dapat meningkatkan kemampuan prajurit Marinir di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi menuju kesiapan profesionalitas prajurit di abad komputerisasi, dengan tetap dilandasi rasa persaudaraan marines brotherhood antar prajurit Marinir kedua negara.

"Saya yakin dan percaya, sumbangsih dan kerja keras selama melaksanakan latihan ini akan meningkatkan hubungan baik kedua Negara khususnya Korps Marinir TNI AL dan USMC, dengan harapan semoga latihan ini dapat terlaksana secara berkesinambungan dimasa yang akan datang," ujarnya.

Sementara itu, Letkol Marinir Prasetyo Pinandito selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) mengatakan latihan bersama tersebut akan berlangsung hingga 21 Juli 2017 dengan peserta latihan sejumlah 35 orang, dengan rincian 25 prajurit Korps Marinir TNI AL dan 10 prajurit USMC.

(ant/don)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Chester Bennington Bunuh Diri, Inilah 10 Lagu  Linkin Park yang Paling Populer

Chester Bennington Bunuh Diri, Inilah 10 Lagu Linkin Park yang Paling Populer

Covesia.com - Band asal Amerika Serikat Linkin Park baru saja kehilangan vokalisnya Chester Bennington yang ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di...

Ikuti Akun Flickr Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring