Pemkot Pariaman akan Batasi Pengunjung Pulau Angso Duo

Jhon Rico | Minggu, 16-07-2017 | 13:47 WIB
Pemkot Pariaman akan Batasi Pengunjung Pulau Angso Duo
Pulau wisata Angso Duo. (Foto: Covesia.com)

Covesia.com- Pemerintah Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat akan mengeluarkan Peraturan Walikota (Perwako) tentang pembatasan jumlah pengunjung ke pulau wisata Angso Duo.

"Perwako tersebut sedang dirumuskan dan disusun di dinas terkait untuk mewaspadai lonjakan pengunjung yang selama ini tanpa ada batasan," kata Kepala Dinas Perikanan Pariaman Dasril di Pariaman, Minggu (16/7/2017).

Menurut dia, kajian yang telah dilakukan pemerintah daerah, Pulau Angso Duo hanya mampu menampung maksimal 100 pengunjung setiap harinya. Namun kajian tersebut belum diterapkan pemerintah setempat demi menyelamatkan berbagai keanekaragaman hayati yang ada di sekitar perairan Pulau Angso Duo.

Apalagi selama libur lebaran 2017, tambah dia, Pulau Angso Duo dikunjungi oleh ribuan wisatawan dari berbagai daerah. Kondisi tersebut jika tidak diantisipasi akan berdampak pada kerusakan lingkungan alam sekitar.

Selain sedang menyusun perwako, pemerintah juga melakukan pengembangan Pulau Tangah untuk pengalihan pengunjung. "Pulau Tangah sedang dikembangkan salah satunya pembangunan Dermaga Terapung bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia," ujar dia seperti dikutip dari antaranews.

Pembangunan dermaga terapung tersebut diperkirakan pada Bulan Agustus atau September 2017 karena saat ini sedang dilakukan proses tender di kementerian.

Sementara itu salah seorang pegiat lingkungan hidup Lita Yuliana menyebutkan perlu adanya pembatasan jumlah pengunjung ke pulau. "Memang harus ada pembatasan pengunjung, jika tidak akan merusak lingkungan yang ada hal ini merupakan tanggung jawab semua pihak terutama dinas terkait," kata dia.

Selain itu, pemerintah diharapkan perlu membuat regulasi agar ada kepastian dan aturan yang jelas sehingga memiliki landasan ke depannya. Lita menilai selama ini tidak ada pembatasan kunjungan ke Pulau Angso Duo sehingga berdampak buruk kepada keseimbangan ekosistem yang ada.

(ant/ jon)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Kota Pariaman

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Menikah dengan Livia Giuggioli, Aktor Colin Firth Resmi Mendapat Kewarganegaraan Italia

Menikah dengan Livia Giuggioli, Aktor Colin Firth Resmi Mendapat Kewarganegaraan Italia

Covesia.com - Aktor Inggris Colin Firth mendapatkan status kewarganegaraan Italia pada Jumat (22/9), menurut Kementerian Dalam Negeri di Roma."Aktor...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring