Ladies, Begini Cara Melindungi Daerah Kewanitaan Anda Saat Bersepeda

Ila Sean | Jumat, 14-07-2017 | 16:04 WIB
Ladies, Begini Cara Melindungi Daerah Kewanitaan Anda Saat Bersepeda
ilustrasi

Covesia.com - Ladies, bagi anda yang sering naik sepeda mungkin sudah tidak asing lagi dengan sensasi nyeri atau mati rasa di area intim anda setelah bersepeda. Bersepeda memang bisa membuat vagina jadi sakit, tapi bukan berarti jenis olahraga sehat ini tak disarankan buat perempuan, lho! Anda bisa kok, mencegah vagina sakit saat bersepeda.

Yuk, simak berbagai tips melindungi vagina saat bersepeda berikut ini, dirangkum covesia dari laman hellosehat.

Sebelum jalan-jalan atau berolahraga naik sepeda, perhatikan hal-hal yang bisa membantu melindungi vagina berikut ini.

Atur ketinggian sadel

Sebuah penelitian tahun 2012 dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa perempuan yang bersepeda dengan posisi sadel lebih tinggi daripada setang sepeda lebih rentan mengalami vagina sakit saat bersepeda.

Maka, atur ketinggian sadel supaya ketinggiannya pas. Dengan posisi yang tepat, anda juga bisa membagi beban tubuh ke lengan, tak cuma ke bagian panggul saja.

Pilih sadel yang agak lebar

Makin kecil sadel yang anda pilih, makin tinggi pula tekanan yang diberikan ke panggul dan vagina. Coba pilih sadel yang agak lebar tapi tetap proporsional. Sadel yang lebih lebar akan membantu menyalurkan tekanan dari tubuh anda ke bagian selain vagina.

Oleskan krim lembut sebelum bersepeda

Gesekan di area vagina saat bersepeda bisa membuat vagina terasa perih atau nyeri. Untuk itu, sebelum mulai bersepeda anda bisa mengoleskan krim lembut seperti body lotion di bagian paha dalam dan selangkangan.

Hindari mencukur atau waxing bulu pubis

Bulu pubis atau rambut kemaluan punya fungsi penting yaitu melindungi vagina dari gesekan, infeksi bakteri, atau cedera. Maka, sebaiknya jangan mencukur habis atau melakukan waxing rambut kemaluan sebelum anda bersepeda. Mencukurnya sedikit boleh saja dilakukan, tapi pastikan anda tidak langsung bersepeda setelahnya. Apalagi kalau ada luka atau goresan setelah bercukur.

Kenakan celana khusus bersepeda

Jangan lupa kenakan celana perempuan khusus bersepeda yang ada bantalannya. Bantalan ini mirip seperti pembalut yang menempel dan menyatu dengan celana. Fungsinya adalah melindungi vagina dari tekanan atau gesekan berlebihan.

Setelah bersepeda, langsung ganti celana dan bersihkan vagina

Sudah sampai di tempat tujuan? Segera ganti celana dan bersihkan dulu vagina anda. Basuh vagina dengan air bersih lalu keringkan dengan tisu atau handuk lembut. Ganti dengan celana dalam barunext

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Kesehatan

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Menikah dengan Livia Giuggioli, Aktor Colin Firth Resmi Mendapat Kewarganegaraan Italia

Menikah dengan Livia Giuggioli, Aktor Colin Firth Resmi Mendapat Kewarganegaraan Italia

Covesia.com - Aktor Inggris Colin Firth mendapatkan status kewarganegaraan Italia pada Jumat (22/9), menurut Kementerian Dalam Negeri di Roma."Aktor...

Ikuti Akun Pinterest Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring