Ladies, Ternyata Begini Lho Cara Wanita Zaman Dulu Menggunakan Kosmetik

Ila Sean | Sabtu, 08-07-2017 | 12:18 WIB
Ladies, Ternyata Begini Lho Cara Wanita Zaman Dulu Menggunakan Kosmetik
Cleopatra

Covesia.com - Salah satu hal yang sangat erat dengan dunia wanita adalah kosmetik. Kosmetik dapat membuat diri mereka semakin menarik dan cantik.

Namun, tahukah anda bagaimana kosmetik bisa lahir? Kosmetik yang telah dikenal sejak lama, setiap wanita dari masa ke masa tetap sama menginginkan untuk tampil lebih cantik.

Anda pasti penasaran bagaimana cara wanita zaman dulu menggunakan kosmetik, bukan? Berikut covesia mengulasnya dari Prelo.

Kosmetik

Berawal dari kosmetik umum terlebih dahulu. Jadi, kosmetik berasal dari kata bangsa Romawi, cosmetae. Cosmetae adalah panggilan bagi Budak Romawi yang bertugas untuk memandikan tuannya dalam kolam parfum.

Kejadian ini dimulai pada awal tahun 10.000 sebelum Masehi. Pada zaman tersebut, orang-orang menggunakan parfum dan salep untuk membersihkan, melembutkan, dan menghilangkan bau badan mereka. Selain itu, di zaman tersebut orang-orang juga suka mewarnai kulit, rambut, bibir, pipi sampai kuku mereka menggunakan pewarna maupun henna.

Eye shadow dan eyebrow

Eye shadow ini juga muncul di tahun 10.000 sebelum Masehi. Namun, eye shadow pada zaman itu hanya digunakan sebagai perona mata dalam prosesi penguburan mayat saja. Sedangkan, untuk pewarna alis, mereka menggunakan kohl. Kohl ini adalah bubuk berwarna hitam, yang merupakan campuran dari antimony, almond bakar, timah, tembaga, abu, perunggu, juga bijih timah biru-hijau.

Maskara

Maskara pertama kali ditemukan oleh Eugene Rimmel pada abad ke-19. Pada awalnya, maskara ini memang memiliki nama Rimmel. Rimmel sendiri memiliki arti yang sama dengan maskara.

Maskara sendiri berasal dari bahasa Itali yaitu dari kata maschera, hingga saat ini pun nama maskaralah yang malah digunakan. Jadi pada awalnya, maskara dibuat dari debu batu bara yang dicampur dengan petroleum jully vaseline, pewarna, dan lilin carnauba.

Lipstik

Di Mesir, Cleopatra memiliki lipstik yang terbuat dari kumbang carmine, yaitu kumbang yang memberikan pigmen berwarna merah tua. Campuran pigmen kumbang tersebut ditambahkan dengan semut dan sisik ikan sehingga memberikan efek bercahaya yang disebut pearlescene.

Kebayang nggak sih pakai lipstik yang terbuat dari lebah, semut, dan sisik ikan? Meskipun untuk saat ini terbayang agak mengerikan, tapi nyatanya Cleopatra cantik jugakan dengan tampilan merah bibirnya.

Sudah tahu bagaimana wanita dulu menggunakan kosmetik, bukan? Anda mau coba?

(sea)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Gaya Hidup

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Menikah dengan Livia Giuggioli, Aktor Colin Firth Resmi Mendapat Kewarganegaraan Italia

Menikah dengan Livia Giuggioli, Aktor Colin Firth Resmi Mendapat Kewarganegaraan Italia

Covesia.com - Aktor Inggris Colin Firth mendapatkan status kewarganegaraan Italia pada Jumat (22/9), menurut Kementerian Dalam Negeri di Roma."Aktor...

Ikuti Akun Pinterest Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring