Sstt... Ada Modus Korupsi Dalam Target Pajak

Anton Hilman | Kamis, 06-11-2014 | 16:21 WIB

Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad mengungkapkan bahwa ada modus korupsi dalam perencanaan target pajak yang perlu diwaspadai pemerintah daerah.

"Ada modus menurunkan target pajak dari potensi pajak yang bisa diserap," katanya saat memberi sambutan dalam Semiloka Koordinasi Supervisi Pencegahan Korupsi Pemprov DKI Jakarta di Balai Kota, Kamis (6/11/2014).

Ia mencontohkan pajak reklame DKI Jakarta yang potensinya dapat mencapai Rp2 miliar namun dalam penyusunan target hanya Rp1 miliar. Realisasi pajak yang mencapai Rp2 miliar, kata dia, berpeluang dikorupsi dan pejabat terkait melaporkan bahwa realisasi hanya Rp1 miliar.

"Termasuk realisasi pajak reklame DKI Jakarta yang baru terealisasi 18 persen pada Agustus 2014 menjadi sorotan karena potensi pajak reklame sangat tinggi," katanya.

Ia juga menyoroti temuan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang menyebut bahwa lelang lahan lokasi reklame tidak masuk menjadi pendapatan DKI Jakarta.

Target pendapatan daerah menurut Samad harus disusun serealistis mungkin berdasarkan potensi yang ada. Selain target pajak, Samad juga mengapresiasi realisasi belanja modal DKI Jakarta pada tahun anggaran 2013.

Sebesar Rp82 triliun belanja langsung terserap untuk berbagai program pembangunan, namun masih ada Rp418 miliar yang belum terserap. "Seharusnya serapan juga ditingkatkan karena kebutuhan pembangunan infrastruktur di Jakarta masih tinggi seperti jalan dan kanal untuk mengatasi banjir," ucapnya.

Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan sudah menginstruksikan seluruh satuan kerja perangkat daerah untuk meningkatkan serapan APBD tahun anggaran 2014.

"Terutama dinas-dinas yang penyerapannya masih tergolong rendah, harus ditingkatkan sebelum kita memulai tahun anggaran baru," katanya. (ant/bim)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Film Beauty and the Beast Dilarang Tayang di Kuwait

Film Beauty and the Beast Dilarang Tayang di Kuwait

Covesia.com - Kuwait National Cinema Company memutuskan untuk melarang penayangan film "Beauty and the Beast" meski penayangan perdananya sudah...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring