Sudah Bisa Daftar, Pemerintah Sediakan Kuota 200 Ribuan Penumpang untuk Mudik Gratis 2017

Utari Dwi Rahma S | Jumat, 19-05-2017 | 14:41 WIB
Sudah Bisa Daftar, Pemerintah Sediakan Kuota 200 Ribuan Penumpang untuk Mudik Gratis 2017
Mudik Gratis (Foto: Setkab)

Covesia.com - Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini kembali menyelenggarakan mudik gratis bagi para pemudik Lebaran 2017.

Sebagaiman yang Covesia kutip dari laman Setkab, Jumat (19/5/2017) tersedia kuota untuk 208.435 penumpang dan 44.721 sepeda motor yang akan diangkut dalam program mudik gratis kerja sama antara Kementerian Perhubungan, BUMN, dan mitra kerja ini.

"Jumlah sepeda motor dan penumpang yang diangkut tahun ini cukup signifikan yaitu naik 57% untuk jumlah penumpang, dan naik 155% untuk jumlah sepeda motor, dengan total anggaran sejumlah Rp. 90 miliar," kata jelas Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kepada wartawan, di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (18/5/2017) kemarin.

Oleh karena itu, Menhub menghimbau para pemudik sepeda motor untuk mengurangi atau tidak menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh, dengan menggunakan fasilitas mudik gratis ini.

Dijelaskan Menhub, program Angkutan Sepeda Motor Gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan, sepeda motor yang akan diangkut melalui jalan darat sebanyak 3.510 dan 54.900 penumpang.

"Sepeda motor tersebut akan diangkut dengan menggunakan 77 truk, sedangkan penumpangnya akan diangkut menggunakan 1.220 bus," jelas Budi.

Adapun untuk moda penyeberangan, akan dilayani oleh 2 ferry yaitu KMP Jatra Tiga dengan tujuan Lampung dan KMP Sebuku dengan tujuan Semarang. Jumlah sepeda motor yang akan diangkut oleh 2 ferry tersebut, menurut Menhub, sebanyak 5.000 dan 10.000 penumpang.

Sedangkan moda laut, akan dilayani oeh 3 kapal Ro-Ro menuju Semarang yang akan mengangkut 16.000 sepeda motor dan 32.000 penumpang. Selain itu, moda kereta api akan mengangkut sejumlah 18.096 sepeda motor.

"Khusus untuk moda laut, tahun lalu program ini tidak dimanfaatkan dengan baik, oleh karena itu kami himbau untuk menggunakan kapal karena semuanya gratis," ujar Budi.

Selain diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan, menurut Menhub Budi K. Sumadi, sejumlah BUMN dan mitra kerja juga turut menyelenggarakan program Angkutan Sepeda Motor Gratis dan Mudik Gratis.

Ia menyebutkan, secara keseluruhan, BUMN akan mengangkut 91.060 penumpang. Sedangkan beberapa mitra kerja, akan mengangkut 2.115 sepeda motor dan 20.475 penumpang.

Sedangkan kota tujuan yang akan dilayani oleh program tersebut untuk moda darat sebanyak 29 kota, di antaranya Cirebon, Magelang, Solo, Wonogiri, dll. Moda penyeberangan akan melayani Semarang dan Lampung. Sedangkan moda kereta api akan melayani kota Surabaya, Kutoarjo, dan Kediri. Untuk moda laut, akan melayani kota Semarangnext

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Ramadan 1438 H

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Duta Reggae Indonesia Tampil di Panggung Utama Hongaria

Duta Reggae Indonesia Tampil di Panggung Utama Hongaria

Covesia.com - Ras Muhammad, penyanyi yang sering disebut sebagai duta reggae Indonesia, tampil di panggung utama festival reggae tahunan LB27 Reggae...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring