JPU Kasus Ahok Ajukan Banding, Ini Alasannya

Jhon Rico | Jumat, 19-05-2017 | 14:32 WIB
JPU Kasus Ahok Ajukan Banding, Ini Alasannya
Terpidana kasus penistaan agama, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) (Antara)

Covesia.com - Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam kasus penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

"Ya kita banding. Sudah diputuskan banding. Waktu berpikir selama 7 hari sudah terlewati dan sebelum 7 hari JPU sudah mengajukan banding ke pengadilan tinggi," kata Jaksa Agung HM Prasetyo di Kejaksaan Agung Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Prasetyo menjelaskan mengapa jaksa mengajukan banding. Menurut dia, alasan mengajukan banding karena terdakwanya banding.

"Itu SOP kita jaksanya harus banding. Siapa tau nantinya ternyata terdakwanya tidak puas lagi dengan putusan banding, dia kasasi. Jika jaksa tidak banding, tidak bisa nanti kasasi juga. Ini untuk mengimbangi langkah mereka," ungkap Prasetyo.

Dia menjelaskan, banding diajukan sebagai buktin JPU ingin menguji ketepatan pasal mana yang memang harus diterapkan dalam perkara Ahok.

Hal Ini dilakukan karena ada perbedaan kualifikasi pasal yang dibuktikan.

"Ini mesti diuji untuk kebenaran yang hakiki dan keprofesionalitas. Jadi biarlah hukum berjalan sesuai dengan koridornya sendiri. Dan orang lain tidak perlu harus mencampuri masalah ini. sebagaimana halnya yang kita harapkan," kata dia.

Ahok divonis 2 tahun penjara karena dinilai majelis hakim terbukti melakukan penodaan agama karena menyebut surat Al Maidah ayat 51 saat bertemu warga di Kepulauan Seribu.

Hukuman ini lebih berat dibanding tuntutan jaksa yang menuntut Ahok 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun.

(jon/rdk)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Vonis Ahok

Komentar

Baca juga

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Aktor Inggris Roger Moore 'James Bond' Tutup Usia

Aktor Inggris Roger Moore 'James Bond' Tutup Usia

Covesia.com - Aktor Inggris Roger Moore, yang meraih ketenaran internasional berkat perannya sebagai agen rahasia James Bond, meninggal pada usia 89,...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring