DPR: Kejahatan Siber Harus Ditangani Secara Khusus

Alif Ahmad | Jumat, 19-05-2017 | 10:30 WIB
DPR: Kejahatan Siber Harus Ditangani Secara Khusus
Ilustrasi

Covesia.com - Anggota Komisi I DPR RI Nurdin Tampubolon menegaskan, perlunya dibangun suatu sistem terpadu untuk menangkal serangan-serangan siber yang belakangan ini marak terjadi.

"Kita perlu membangun suatu sistem siber yang bisa menangkal serangan-serangan siber terhadap obyek vital. Ini perlu dijaga semuanya dengan suatu sistem atau badan siber yang nanti akan dibangun oleh pemerintah," kata Nurdin yang dilansir covesia.com dari dpr.go.id, Jumat (19/5/2017).

Politisi Hanura itu melihat, serangan siber yang bisa melumpuhkan sistem, maupun strategi dan informasi, harus ditangani secara khusus dan komprehensif. Menurutnya, dengan membangun badan siber yang berada di bawah Kemenkopolhukam, merupakan langkah yang tepat.

"Jadi, badan siber ini nanti kalo jadi dibentuk, sudah tepat di bawah Kemenkopolhukam sebagai koordinator, karena berfungsi untuk bisa mengorganisir daripada kementerian ataupun badan-badan di bawahnya, seperti BIN, TNI, maupun Menkominfo," jelas Nurdin.

Dengan adanya lembaga atau badan siber ini, diharapkan dapat menangani serangan siber, ataupun serangan dari pihak yang tidak suka dengan Indonesia.

"Sehingga, apabila ada rencana-rencana, katakanlah yang tidak senang kepada Indonesia, bisa ditangkal melalui badan siber yang akan dikembangkan pemerintah itu," imbuh Nurdin.

(lif)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Kriminal

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Duta Reggae Indonesia Tampil di Panggung Utama Hongaria

Duta Reggae Indonesia Tampil di Panggung Utama Hongaria

Covesia.com - Ras Muhammad, penyanyi yang sering disebut sebagai duta reggae Indonesia, tampil di panggung utama festival reggae tahunan LB27 Reggae...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring