Buron Penembakan Polisi di Paris Serahkan Diri ke Kepolisian Belgia

Rudrik Syaputra | Jumat, 21-04-2017 | 19:07 WIB
Buron Penembakan Polisi di Paris Serahkan Diri ke Kepolisian Belgia
Rekaman video yang memperlihatkan aparat keamanan anti-teror dan pasukan anjing Prancis memeriksa jenazah seseorang yang melakukan penembakan terhadap polisi di Paris, Ibu Kota Prancis, Kamis (20/4/2017). (AFP)

Covesia.com - Kementerian Dalam Negeri Prancis menyebutkan seorang tersangka yang dicari oleh polisi Prancis setelah penembakan di Champs Elysees menyerahkan diri ke kepolisian Belgia, Jumat (21/4/2017).

"Pria yang ada dalam daftar buron yang dikeluarkan pihak berwenang Belgia menyerahkan diri ke sebuah kantor polisi di Antwerp," kata juru bicara kementerian Pierre-Henry Brandet, dilansir Covesia dari AFP.

Brandet mengatakan kepada radio Europe 1 bahwa "terlalu dini untuk mengatakan" apakah orang tersebut terkait dengan penembakan pada Kamis malam di lokasi terkenal Paris, tempat seorang pelaku penembakan berusia 39 tahun menembak mati seorang polisi dan melukai dua orang lainnya sebelum tewas dalam baku tembak.

Kelompok ISIS mengklaim penembakan tersebut, yang terjadi tiga hari sebelum putaran pertama pemilihan presiden Prancis pada Minggu ketika keamanan menjadi perhatian utama setelah serangkaian serangan ekstremis sejak 2015.

Seorang sumber yang dekat dengan penyelidikan Prancis mengatakan bahwa pria berusia 35 tahun diinvestigasi di Antwerp, yang disebut "sangat berbahaya", dan sudah menjadi buronan polisi Belgia sebagai bagian dari penyelidikan terpisah.

Saat menggeledah rumahnya, polisi Belgia menemukan senjata, penutup kepala dan tiket kereta ke Prancis yang berangkat pada Kamis pagi, beberapa jam sebelum serangan di Paris.

Sementara di Prancis, tiga orang yang dikethui sebagai penyerang diperiksa oleh polisi anti-teror menurut sumber pengadilan. Ketiganya ditangkap selama penggerebekan di pinggiran timur Paris.

(ant/rdk)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Internasional

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Tim Film Masjid Salman ITB Siapkan Pembuatan Film Iqro II di Paris

Tim Film Masjid Salman ITB Siapkan Pembuatan Film Iqro II di Paris

Covesia.com - Tim Film Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) atau Tim Iqro melakukan survei guna menyiapkan pembuatan film Iqro II di Paris,...

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring